Penerapan materi ilmu pengetahuan alam pada serious game sosialisasi mitigasi bencana berbasis model teori aktivitas dan taksonomi bloom

Nugroho, Fresy, Yuniarno, Eko Mulyanto and Hariadi, Mochamad (2019) Penerapan materi ilmu pengetahuan alam pada serious game sosialisasi mitigasi bencana berbasis model teori aktivitas dan taksonomi bloom. Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, 5 (2). pp. 106-117. ISSN eISSN 2502-3357 dan pISSN: 2503-0477

[img]
Preview
Text
5888.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kombinasi antara materi hiburan dan pendidikan untuk meningkatkan pemahaman tentang bencana alam, terutama bencana vulkanik. Desain yang diusulkan menggabungkan model Teori Aktivitas dan Taksonomi Bloom. Metode ini dapat menghemat biaya dan waktu. Titik fokus dari penelitian ini adalah materi Ilmu Pengetahuan Alam berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini adalah langkah pertama untuk mengintegrasikan unsur-unsur pendidikan, hiburan, dan teknologi sebagai media pembelajaran untuk pengurangan risiko bencana. Kemampuan siswa dieksplorasi dengan menerapkan tiga aspek pembelajaran. Hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat 14,2% setelah bermain sepuluh kali dan meningkat menjadi 29,48% setelah siswa bermain 25 kali, dibandingkan dengan skor pretest.

Item Type: Journal Article
Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam; Serious Game Taksonomi Bloom; Model Teori Aktivitas Sosialisasi mitigasi bencana
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080111 Virtual Reality and Related Simulation
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Fresy Nugroho
Date Deposited: 10 Jun 2020 13:43

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item