Pelatihan penulisan cerita pendek berkeadilan gender di Madrasah Aliyah Al Hidayah Kecamatan Wajak Kabupaten Malang

Rohmah, Galuh Nur, Fitriani, Laily and Santi, Vita Nur (2015) Pelatihan penulisan cerita pendek berkeadilan gender di Madrasah Aliyah Al Hidayah Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Egalita: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender. ISSN 1907-3641

[img]
Preview
Text
5978.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (460kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini beberapa ahli dan praktisi pendidikan juga telah memberikan gagasan tentang peran karya sastra dalam pendidikan karakter anak. Tak dipungkiri lagi bahwa karya sastra memilki peran penting dalam dunia pendidikan. Cerita pendek sebagai salah satu bentuk karya sastra dalam wilayah kepenulisan kreatif bisa dijadikan media bagi pembelajaran keadilan dan kesetaraan gender di kalangan remaja dan juga anak-anak. Remaja saat ini sudah mengenal bacaan-bacaan fiksi berupa cerita pendek, cerita bersambung, novel bahkan cerita bergambar atau komik. Sementara itu, tidak dipungkiri bahwa sebuah karya, sebuah cerita khususnya, tidak lepas dari latar belakang penulisnya. Penelitian ini mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Al Hidayah Desa Wajak, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang sebagai lokusnya. Dan hasil dari penelitian ini adalahterjadi perubahan pada siswa setelah dilakukan pendampingan; 1) siswa memiliki pengetahuan dan informasi tentang gender dan aspek-aspeknya, 2) perubahan pola pikir untuk memperlakukan secara adil dan setara antara laki-laki dan perempuan baik itu di rumah, di sekolah, dan di lingkungan sekitar, dan 3) siswa mampu meletakkan isu keadilan gender dalam cerita pendeknya.

Item Type: Journal Article
Keywords: Cerita pendek, Berkeadilan gender, Pendidikan
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Zulaikha Mu'anis
Date Deposited: 14 Jun 2020 15:11

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item