Pengembangan buku ajar al-qur’an hadis kelas 5 berbasis hermeneutik dan experiential learning di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang

Walid, Muhammad and Sulalah, Sulalah (2013) Pengembangan buku ajar al-qur’an hadis kelas 5 berbasis hermeneutik dan experiential learning di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
1. LAPORAN PENELITIAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran al-Qur`an Hadis di masyarakat secara umum, bahkan yang terjadi di sekolah-sekolah, kebanyakan masih pada tataran membaca bunyi-bunyi lafaz al-Qur`an, bagaimana mengucapkan huruf-huruf secara tepat dan sesuai dengan tajwid- walaupun ini juga merupakan bagian yang penting- namun porsi terhadap pemahaman terhadap kandungan ayat-ayat al-Qur`an maupun Hadis, masih sedikit terabaikan. Di samping itu, kondisi riil yang dihadapi pada model buku ajar pembelajaran al-Qur`an Hadis di sekolah masih kurang efektif, cenderung terlihat nada-nada normatif doktriner, mengutamakan hafalan, pemahaman terhadap materi al-Qur`an maupun Hadis yang cenderung belum utuh, sehingga kesan yang ada adalah bahwa satu ayat berdiri sendiri dengan keberadaan dirinya tanpa ada muna>sabah atau korelasinya dengan ayat yang lain, demikian paparan tentang asba>b al-nuzu>l terlihat kurang lengkap dan tidak terambil dari referensi kitab induk juga dari segi desain, jenis font dan permainan warna yang ditampilkan kurang bervariasi
Oleh karena itulah, mempelajari al-Quran maupun Hadis sebagai dua pedoman yang dianut oleh umat Islam harus memuat perangkat-perangkat ilmiah yang diperlukan untuk memahami keduanya secara holistik. Salah satu perangkat ilmiah yang dapat digunakan adalah dengan pendekatan hermeneutik. Pendekatan hermeneutik dilakukan dalam rangka memberikan penafsiran terhadap al-Qur’an yang lebih bermakna sehingga senantiasa s{>alih{un li kulli al-zama>n wa al-maka>n. Bagaimana pesan moral atau ideal moral dapat ditangkap dari pembacaan terhadap al-Qur`an maupun Hadis serta diambil sebagai sebuah pembiasaan karakter sebagai pengamalan dalam kehidupan keseharian umat Islam.
Di samping itu, dalam proses agar siswa dapat memperoleh sikap dan nilai dari apa yang dipelajari, maka proses pembelajaran al-Qur'an Hadis uuntuk kelas 5 MI perlu digunakan pendekatan Experiential learning. Pembelajaran berbasis Experiential learning merupakan sebuah model holistic dari proses pembelajaran di mana manusia belajar, tumbuh dan berkembang. Penyebutan istilah experiential learning dilakukan untuk menekankan bahwa experience (pengalaman) berperan penting dalam proses pembelajaran dan membedakannya dari teori pembelajaran lainnya seperti teori pembelajaran kognitif ataupun behaviorisme.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: buku ajar; hermeneutika; experiential learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education
Depositing User: Muhammad Walid
Date Deposited: 23 Jun 2020 13:38

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item