Model supervisi kepala sekolah dalam meningkatan efektifitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Batu

Walid, Muhammad (2015) Model supervisi kepala sekolah dalam meningkatan efektifitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Batu. Research Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
6029.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah lembaga sering kali bawahan dalam hal ini adalah guru menemui banyak persoalan pembelajaran di kelas, baik persoalan yang berhubungan dengan personal quality, maupun persoalan paedagogis yang hal tersebut dapat mengganggu keefektifan pembelajaran di kelas. Demikian juga yang terjadi di SMAN 1 Batu, guru seringkali mendapatkan kesulitan, baik mereka sadari maupun yang tidak mereka sadari. Padahal kesulitan tersebut harus mereka atasi dengan pelaksanaan kegiatan supervisi oleh kepala sekolah. Persoalan-persoalan yang timbul di lapangan khususnya di SMAN 1 Batu yang dihadapi oleh pendidik dan tenaga kependidikannya, diusahakan untuk diatasi seketika dengan bimbingan maupun koreksi oleh kepala sekolah yang tidak semata-mata bersifat birokratis, tetapi bersifat klinis (pembinaan teknis edukatif). Mengingat lingkup tugas kepala sekolah sebagai supervisor mencakup berbagai aspek, maka diperlukan juga modal pengetahuan dan wawasan yang cukup luas. Namun yang terjadi, seringkali kepala sekolah merasa kesulitan untuk membantu permasalahan yang dihadapi guru
Untuk mengungkap fokus penelitian tersebut diperlukan pengamatan yang mendalam dan dengan latar alami (natural). Oleh karenanya, penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif atau yang dikenal dengan pendekatan naturalistik. Desain yang dipakai adalah studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti memakai tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data mengikuti apa yang disarankan oleh Miles dan Huberman yang meliputi collecting data, reduction data, display data dan conclution. Untuk memeriksa keabsahan (trustworthiness) data dilakukan dengan empat kriteria, yaitu derajat: (1) kepercayaan (credibility), (2) keteralihan (transferability), (3) kebergantungan (dependability), dan (4) kepastian (confirmability).
Berdasarkan data lapangan yang berhasil dihimpun oleh peneliti, maka dapat diperoleh kesimpulan, sasaran supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran di SMAN 1 Batu ditujukan kepada semua guru. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dilakukan secara terencana, mulai dari menjadwalkan program supervisi, mensosialisasikan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi dan rencana tindak lanjutnya. Dalam melaksanakan supervisi, kepala sekolah dibantu oleh wakil kepala kurikulum, guru senior tentunya juga oleh supervisor pembina atau pengawas. Di samping itu, kegiatan supervisi kepala sekolah juga dibantu oleh keberadaan CCTV yang terpasang di 20 ruang kelas di SMAN 1 Batu. Unsur-Unsur Supervisi Kepala Sekolah di SMAN 1 Batu adalah; (1) Pengembangan Proses Pembelajaran. (2) Pengembangan Kurikulum; dan (3) Pengembangan Sumber Daya Guru. Sedangkan strategi yang digunakan kepala sekolah dalam mensupervisi adalah dengan teknik Individu; diantaranya: 1) Percakapan Pribadi, 2) Kunjungan Kelas, 3), 4) penilaian oleh diri sendiri, 5) kunjungan antar kelas MGMP sekolah, Observasi, 6) Non-Formal, 7) Kolegial, 8) Humanis, 9) Klinis dan Kelompok; diantaranya melalui: 1) Workshop, 2) Pelatihan, 3) MGMP sekolah. Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah; 1) dukungan kepala sekolah yang optimal, 2) pemahaman para guru tentang supervisi yang sudah sangat baik dan 3) juga perangkat pembelajaran yang sudah lengkap; sedangkan faktor penghambatnya adalah: 1) padatnya jadwal pelatihan, training untuk pembinaan para guru dan, 2) kurang siap mental para guru, 3) seringnya kegiatan baik sekolah maupun kota Batu yang melibatkan guru dan siswa sehingga sekolah sering libur, apalagi Batu adalah kota Wisata sehingga kegiatan-kegiatan sering dilakukan dan meliburkan siswa, seperti karnaval, bantengan, festival bunga, pawai dan sebagainya; dan 4) jumlah guru yang terlalu banyak.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Teacher Education for Islamic Primary Schools
Depositing User: Muhammad Walid
Date Deposited: 23 Jun 2020 15:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item