Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural: Studi pada guru Pendidikan Agama Islam MTsN Tambakberas Jombang

Asrori, Mohammad (2016) Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural: Studi pada guru Pendidikan Agama Islam MTsN Tambakberas Jombang. Research Report. FITK UIN Maliki Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
6062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagai negara yang diberkahi dengan kekayaaan dan keaneragaman budaya suku dan bangsa, maka mempelajari pendidikan multikultural dan agama Islam merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Salah satu tempat yang cukup representatif dalam melihat model pembelajaran agama Islam berwawasan multikultural adalah MTSN Tambak Beras Jombang. Madrasah berbasis pesantren ini sudah lama menjalankan pendidikan agama Islam berwawasan multikultural meskipun secara tidak formal ditulis dalam kurikulum yang dikembangkan. Pendidikan agama Islam berwawasan multikultural di MTSN Tambak Beras Jombang menjadi salah satu gambaran penting dalam menumbuhkan nilai-nilai kemajemukan sosial dalam berbangsa dan bernegara tanpa kehilangan nilai-nilai Keislaman.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Pendidikan; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Multikultural
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Mohammad Asrori Alfa
Date Deposited: 24 Jun 2020 06:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item