Bashith, Abdul, Wahidmurni, Wahidmurni, Pusposari, Luthfiya Fathi and Miftahusyai’an, Mohammad (2015) Reorientasi pengembangan Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang menuju Asean Community. Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
|
Text
6111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengalami pergerakan yang sangat dinamis. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna lulusan, steakholders dan meningkatkan mutu lulusan. Penyesuaian kurikulum yang dilakukan oleh prodi bermuara pada visi-misi, sasaran, tujuan institusi dan pemerintah. Pada tahun 1999 struktur kurikulum yang diterpakan adalah standar isi dengan memadukan berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial. Tahun 2007 kurikulum disesuaikan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) melalui proses kegiatan workshop kurikulum prodi PIPS perkembangan selanjutnya tahun 2008 juga dilakukan penyesuaian dengan mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Setelah melakukan tracer study dan survey terhadap pengguna lulusan, prodi menemukan fenomena baru yaitu lulusan prodi PIPS tidak hanya terserap di bidang pendidikan sebagai guru namun banyak alumni yang bekerja di perusahaan, bank dan wiraswasta. Oleh karena itu, penyesuaian kurikulum yang keempat perlu dilakukan dengan meninjau ulang struktur kurikulum yang telah diterapkan dan menganalisisnya. Mulai tahun 2010 prodi PIPS memutuskan untuk menyesuaikan muatan struktur kurikulumnya dengan memberi peluang peminatan kepada mahasiswa, yaitu peminatan bidang IPS Terpadu dan Ekonomi. Selanjutnya untuk menjawab berbagai peraturan pemerintah dan kemdikbud serta visi UIN menuju World Calss University (WCU) prodi PIPS FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mulai tahun 2013 merestruktur kurikulumnya mendasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Dalam rangka pengembangan tuntutan perkembangan zaman menghadapi ASEAN Community diperlukan adanya reorientasi pengembangan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan menuju ASEAN Community.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengamati pengembangan Jurusan Pendidikan IPS FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam rangka mempersiapkan diri menuju ASEAN Community. Hal demikian dimaksudkan eksistensi jurusan tetap terjaga dengan baik dan bias mengikuti tuntutan perkembangan zaman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan keterlibatan peneliti secara langsung dalam kegiatan penelitian. Keberadaan peneliti dalam penelitian ini sekaligus sebagai Ketua Jurusan bersama dengan tim yang juga sebagai Sekretaris Jurusan dan dosen Jurusan, ditambah dengan pegawai adminitrasi yang terlibat dalam pengelolaan jurusan. Dengan demikian dapat menggali data dengan seakurat mungkin dan menganalisisnya dengan tajam sehingga hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan keakuratannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa eksistensi jurusan Pendidikan IPS FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dalam sangat baik dan kuat, hal tersebut tercermin dalam berbagai aktivitas pengelolaan dan pengembangan jurusan terlebih lagi dengan adanya pemantapan orientasi pengembangan jurusan yang menekankan pada kesiapan menuju masyarakat ekonomi asia (MEA) atau yang biasa disebut dengan ASEAN Community. Dengan demikian disarankan agar hal tersebut tetap dapat dijaga kekonsistenannya sehingga dalam jangka panjang mendukung pencapaian UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju universitas kelas dunia (World Class University).
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Reorientasi Pengembangan; Jurusan Pendidikan IPS; FITK UIN Maliki Malang; ASEAN Community |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Bashith Abdul |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 18:47 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |