Supriyatno, Triyo, Lestari, Diah Ayu and Utami, Ulfa (2020) Efektivitas guided inquiry learning model untuk meningkatkan scientific attitude dan skill critical thinking peserta didik. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 13 (1). pp. 1-14. ISSN 2502-194X
|
Text (Fulltext)
6320.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (500kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa dan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sains.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 51 siswa kelas V MIN 1 Serang. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, observasi dan tes. Data dikumpulkan dari pretest dan posttest dari sikap ilmiah dan pemikiran kritis siswa serta dokumentasi dan observasi kegiatan pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Jenis analisis data menggunakan uji t-Test dan efek ukuran cohen dengan bantuan paket statistik untuk program ilmu sosial (SPSS) versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran model inkuiri terbimbing lebih baik daripada model konvensional yaitu. Jadi, ada efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran inkuiri terbimbing; sikap ilmiah peserta didik; keterampilan berpikir kritis peserta didik; pembelajaran IPA |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education |
Depositing User: | Dian Anesti |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:05 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |