Wahidmurni, Wahidmurni (2020) Best practice menulis dan menerbitkan artikel ilmiah. Presented at Webinar “Penguatan Riset dan Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Masa New Normal”., 23 Juli 2020, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text
6368.pdf - Published Version Download (675kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian berupa laporan penelitian yang disimpan di perpustakaan seringkali kurang memberikan manfaat untuk kepentingan pengembangan ilmu maupun sebagai dasar pengambilan kebijakan. Untuk meningkatkan kemanfaatan dari hasil penelitian, diperlukan upaya merubahnya dalam wujud artikel penelitian dan dipublikasikan sebagai bentuk tanggung jawab akademik peneliti. Artikel hasil penelitian yang baik adalah artikel yang disusun sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah yang berlaku secara umum. Oleh karena setiap penerbit jurnal memiliki gaya selingkung yang khas, maka hendaknya setiap calon penulis harus benar-benar memahami petunjuk penulisan dari penerbit jurnal yang dituju. Namun demikian, secara umum isi atau substansi yang ada dalam subbagian badan artikel adalah sama, yang berbeda umumnya masalah teknik penyajiannya. Tulisan ini menyajikan rambu-rambu yang memungkinkan untuk dijadikan acuan untuk memulai belajar menulis artikel yang baik. Cara yang terbaik untuk menghasilkan artikel adalah dengan langsung menulisnya dan submite pada penerbit yang dituju, belajar langsung dari hasil Reviewer Jurnal melalui proses revisi yang berulang-ulang, bukan berkali-kali mengikuti seminar/workshop penelitian.
Item Type: | Seminar and Workshop |
---|---|
Keywords: | Artikel hasil penelitian, menulis artikel ilmiah, menerbitkan artikel ilmiah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Wahidmurni Wahidmurni |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 10:49 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |