Indah, Rohmani Nur Integrasi Berpikir Kritis dan Pembelajaran Bahasa Asing. In: Bunga Rampai Isu Kontemporer Bahasa dan Sastra. Naila Pustaka, Yogyakarta, pp. 1-16. UNSPECIFIED : UNSPECIFIED. (In Press)
|
Text
Bunga rampai isu kontemporer-indah.pdf Download (277kB) | Preview |
Abstract
Dalam mengintegrasikan antara berpikir kritis dan pembelajaran bahasa asing diperlukan pertimbangan mendalam terkait hakikat, tujuan, proses dan asesmennya. Praktisi pendidikan perlu meninjau lebih jauh keunikan konteks kebahasaan dan konteks kultural peserta didik sebelum mendesain implementasi integrasi berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa.Berpikir kritis saat ini menjadi bagian dari isu pembelajaran bahasa asing. Isu ini sejalan dengan paradigma kompetensi utama pendidikan internasional 4R (reading, writing, arithmetic, and reasoning). Kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan menalar menjadi kompetensi global untuk mendukung pengembangan diri secara sosial, ekonomi dan budaya saat ini dan masa mendatang (Hayat & Yusuf, 2010). Berpijak dari sinilah maka tulisan ini mengangkat pentingnya mengintegrasikan antara berpikir kritis dan berbahasa asing.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters |
Depositing User: | Dr. Rohmani Nur Indah |
Date Deposited: | 10 Aug 2016 18:18 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |