Integrasi Berpikir Kritis dan Pembelajaran Bahasa Asing

Indah, Rohmani Nur Integrasi Berpikir Kritis dan Pembelajaran Bahasa Asing. In: Bunga Rampai Isu Kontemporer Bahasa dan Sastra. Naila Pustaka, Yogyakarta, pp. 1-16. UNSPECIFIED : UNSPECIFIED. (In Press)

[img]
Preview
Text
Bunga rampai isu kontemporer-indah.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Dalam mengintegrasikan antara berpikir kritis dan pembelajaran bahasa asing diperlukan pertimbangan mendalam terkait hakikat, tujuan, proses dan asesmennya. Praktisi pendidikan perlu meninjau lebih jauh keunikan konteks kebahasaan dan konteks kultural peserta didik sebelum mendesain implementasi integrasi berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa.Berpikir kritis saat ini menjadi bagian dari isu pembelajaran bahasa asing. Isu ini sejalan dengan paradigma kompetensi utama pendidikan internasional 4R (reading, writing, arithmetic, and reasoning). Kemampuan membaca, menulis, berhitung, dan menalar menjadi kompetensi global untuk mendukung pengembangan diri secara sosial, ekonomi dan budaya saat ini dan masa mendatang (Hayat & Yusuf, 2010). Berpijak dari sinilah maka tulisan ini mengangkat pentingnya mengintegrasikan antara berpikir kritis dan berbahasa asing.

Item Type: Book Section
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
Divisions: Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters
Depositing User: Dr. Rohmani Nur Indah
Date Deposited: 10 Aug 2016 18:18

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item