Pelatihan sertifikasi halal sebagai strategi membangun kepercayaan konsumen bagi masyarakat desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Aisyah, Esy Nur, Prajawati, Maretha Ika and Wahyudi, Didik (2020) Pelatihan sertifikasi halal sebagai strategi membangun kepercayaan konsumen bagi masyarakat desa Gadingkulon Kecamatan Dau Kabupaten Malang. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Masyarakat), 4 (2). pp. 103-108. ISSN 2581-1320, 2581 - 2572

[img]
Preview
Text
6986.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (232kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ini dilatabelakangi oleh produk warga desa Gadingkulon yang daya tawar yang rendah, kurangnya kemampuan mereka dalam pengemasan dan penjualan produk juga menjadi kendala. Selain itu, banyak pelaku usaha yang belum mengantongi dan belum cukup pengetahuan tentang sertifikasi halal dari MUI untuk produk yang dihasilkan, sehingga mereka akan kesulitan memasarakan produknya ke pusat oleh-oleh, ke supermarket dan pasar-pasar lainnya. Jaminan produk halal melalui sertifikat produk halal akan memberikan kenyamanan, kemananan, keselamatan dan kepastian ketersediaan produk halal bagi masyarakat di dalam mengkonsumsi dan menggunakan produk halal, serta dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha untuk memproduksi dan menjual produk halal Oleh karena itu, mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan pelatihan pengurusan sertifikasi halal. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu persiapan, pemetean, pelatihan serta monitoring dan evaluasi. Kegiatan pengabdian yang dilakukan di Desa Gading Kulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang berjalan dengan baik. Hasil kegiatan pengabdian adalah masyarakat yang memiliki produk bersama dengan Halal Centre UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membantu memenuhi dan mengidentifikasi segala persyaratan yang dibutuhkan dan selanjutnya akan dijembatani oleh Halal Centre UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sampai pada penerbitan sertifikat halal.

Item Type: Journal Article
Keywords: sertifikasi halal; kepercayaan konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Economics > Department of Islamic Banking
Depositing User: Esy Nur Aisyah
Date Deposited: 26 Oct 2020 13:37

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item