Membangun sistem transaksi game multiplayer dengan unity 3D

Arif, Yunifa Miftachul and Khoiruddin, Hafid (2020) Membangun sistem transaksi game multiplayer dengan unity 3D. CV. Cerdas Ulet Kreatif, Jember. ISBN 978-602-7534-38-4 Editors : UNSPECIFIED

[img] Text
7237.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Game saat ini menjadi salah satu media yang sangat menarik untuk digunakan. Dalam kamus bahasa Inggris, game berarti permainan. Permainan yang dimaksud dalam buku ini adalah permainan yang berbasis komputer maupun mobile. Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya Pemrograman Animasi dan Game Profesional terbitan Elex Media Komputindo, game adalah suatu permainan dalam komputer dimana pembuatannya dilakukan dengan teknik beserta metode animasi. Sedangkan menurut Greg Costikyan, game merupakan sebuah karya seni di mana pemain sebagai pembuat keputusan dapat mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Saat ini game dapat dimainkan dan dinikmati oleh seluruh kalangan baik orang tua, muda, dewasa maupun anak-anak. Salah satu fungsi dari game yaitu sebagai sarana refresing dan penghilang stress. Agar setiap pemain tertarik untuk memainkan game, maka game juga harus dirancang agar memiliki
ingkungan dan aturan permainan yang menarik. Setiap game tentu memiliki karakteristik, skenario dan aturan permainan yang berbeda. Begitu pula dengan jumlah pemain, ada game yang hanya dapat dimainkan oleh satu orang saja (singleplayer) dan ada juga yang dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus (multiplayer). Pada game multiplayer setiap pemain tentu harus dapat berinteraksi dengan pemain lain. Sehingga meskipun dalam dunia game, seolah-olah mereka bertemu dalam lingkungan yang sebenarnya. Salah satu bentuk interaksi antar pemain (player) adalah adanya transaksi, baik berupa uang virtual maupun dalam bentuk lain. Agar dapat melakukan transaksi, maka di dalam sebuah game harus dibangun suatu sistem transaksi.
Menurut Romney dan Steinbart (2015:3) sistem berarti sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang berhubungan satu sama lain serta saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem sendiri sebagian besarnya terdiri atas subsistem yang lebih kecil untuk mendukung sub sistem yang lebih besar. Sedangkan transaksi sendiri menurut Skousen (2007:71) dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Akuntasi Keuangan” menyatakan bahwa transaksi merupakan sebuah pertukaran barang dan jasa baik antar individu maupun
ntar organisasi yang mempunyai dampak dalam ekonomi maupun bisnis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem transaksi merupakan sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang antara satu komponen dengan yang lain saling berinteraksi yang digunakan untuk melakukan sebuah pertukaran berupa barang maupun jasa yang dilakukan baik oleh individu maupun organisasi yang berdampak dalam Game saat ini menjadi salah satu media yang sangat menarik untuk digunakan. Dalam kamus bahasa Inggris, game berarti permainan. Permainan yang dimaksud dalam buku ini adalah permainan yang berbasis komputer maupun mobile. Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya Pemrograman Animasi dan Game Profesional terbitan Elex Media Komputindo, game adalah suatu permainan dalam komputer dimana pembuatannya dilakukan dengan teknik beserta metode animasi. Sedangkan menurut Greg Costikyan, game merupakan sebuah karya seni di mana pemain sebagai pembuat keputusan dapat mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Saat ini game dapat dimainkan dan dinikmati oleh seluruh kalangan baik orang tua, muda, dewasa maupun anak-anak. Salah satu fungsi dari game yaitu sebagai sarana refresing dan penghilang stress. Agar setiap pemain tertarik untuk memainkan game, maka game juga harus dirancang agar memiliki lingkungan dan aturan permainan yang menarik. Setiap game tentu memiliki karakteristik, skenario dan aturan permainan yang berbeda. Begitu pula dengan jumlah pemain, ada game yang hanya dapat dimainkan oleh satu orang saja (singleplayer) dan ada juga yang dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus (multiplayer). Pada game multiplayer setiap pemain tentu harus dapat berinteraksi dengan pemain lain. Sehingga meskipun dalam dunia game, seolah-olah mereka bertemu dalam lingkungan yang sebenarnya. Salah satu bentuk interaksi antar pemain (player) adalah adanya transaksi, baik berupa uang virtual maupun dalam bentuk lain. Agar dapat melakukan transaksi, maka di dalam sebuah game harus dibangun suatu sistem transaksi.
Menurut Romney dan Steinbart (2015:3) sistem berarti sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang berhubungan satu sama lain serta saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem sendiri sebagian besarnya terdiri atas subsistem yang lebih kecil untuk mendukung sub sistem yang lebih besar. Sedangkan transaksi sendiri menurut Skousen (2007:71) dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Akuntasi Keuangan” menyatakan bahwa transaksi merupakan sebuah pertukaran barang dan jasa baik antar individu maupun antar organisasi yang mempunyai dampak dalam ekonomi maupun bisnis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem transaksi merupakan sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang antara satu komponen dengan yang lain saling berinteraksi yang digunakan untuk melakukan sebuah pertukaran berupa barang maupun jasa yang dilakukan baik oleh individu maupun organisasi yang berdampak dalam
Game saat ini menjadi salah satu media yang sangat menarik untuk digunakan. Dalam kamus bahasa Inggris, game berarti permainan. Permainan yang dimaksud dalam buku ini adalah permainan yang berbasis komputer maupun mobile. Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya Pemrograman Animasi dan Game Profesional terbitan Elex Media Komputindo, game adalah suatu permainan dalam komputer dimana pembuatannya dilakukan dengan teknik beserta metode animasi. Sedangkan menurut Greg Costikyan, game merupakan sebuah karya seni di mana pemain sebagai pembuat keputusan dapat mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Saat ini game dapat dimainkan dan dinikmati oleh seluruh kalangan baik orang tua, muda, dewasa maupun anak-anak. Salah satu fungsi dari game yaitu sebagai sarana refresing dan penghilang stress. Agar setiap pemain tertarik untuk memainkan game, maka game juga harus dirancang agar memiliki lingkungan dan aturan permainan yang menarik. Setiap game tentu memiliki karakteristik, skenario dan aturan permainan yang berbeda. Begitu pula dengan jumlah pemain, ada game yang hanya dapat dimainkan oleh satu orang saja (singleplayer) dan ada juga yang dapat dimainkan oleh banyak orang sekaligus (multiplayer). Pada game multiplayer setiap pemain tentu harus dapat berinteraksi dengan pemain lain. Sehingga meskipun dalam dunia game, seolah-olah mereka bertemu dalam lingkungan yang sebenarnya. Salah satu bentuk interaksi antar pemain (player) adalah adanya transaksi, baik berupa uang virtual maupun dalam bentuk lain. Agar dapat melakukan transaksi, maka di dalam sebuah game harus dibangun suatu sistem transaksi.
Menurut Romney dan Steinbart (2015:3) sistem berarti sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang berhubungan satu sama lain serta saling berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem sendiri sebagian besarnya terdiri atas subsistem yang lebih kecil untuk mendukung sub sistem yang lebih besar. Sedangkan transaksi sendiri menurut Skousen (2007:71) dalam bukunya yang berjudul “Pengantar Akuntasi Keuangan” menyatakan bahwa transaksi merupakan sebuah pertukaran barang dan jasa baik antar individu maupun antar organisasi yang mempunyai dampak dalam ekonomi maupun bisnis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem transaksi merupakan sebuah rangkaian yang tersusun dari dua komponen atau lebih yang antara satu komponen dengan yang lain saling berinteraksi yang digunakan untuk melakukan sebuah pertukaran berupa barang maupun jasa yang dilakukan baik oleh individu maupun organisasi yang berdampak dalam ekonomi maupun bisnis. Pada buku ini akan dibahas tentang bagaimana membangun sistem transaksi pada game multiplayer.
Sistem transaksi yang dibahas dalam buku ini menggunakan teknologi decentralized yang bernama Blockchain. Blockchain merupakan sebuah teknologi yang umumnya digunakan pada bidang cryptocurrency dalam bitcoin. Teknologi blockchain diilustrasikan seperti wadah penyimpanan besar yang berisi segala transaksi yang terjadi dalam suatu jaringan. Jaringan pada teknologi ini bersifat terdesentralisasi dimana semua pengguna yang berada dalam jaringan tersebut saling terhubung satu sama lain serta antara satu pengguna dan pengguna yang lain dapat melakukan interaksi maupun pertukaran data tanpa adanya pihak ketiga. Hal ini tentu menjadikan decentralized network untuk memiliki kelebihan dari segi kecepatan. Selain itu, menurut Lin Zhong dalam penelitiannya yang berjudul A Secure Large-scale Instant Payment System Based on Blockchain, teknologi blockchain yang diterapkan dalam suatu sistem mendukung adanya peningkatan keamanan serta memberikan perlindungan yang lebih baik kepada sistem. Hal senada juga disampaikan oleh Haiping Si pada penelitiannya yang berjudul IoT Information Sharing Security Mechanism Based on Blockchain Technology yang menyebutkan bahwa penerapan blockchain dapat menjaga sumber data dari kerusakan serta membuat sebuah buku data riwayat yang aman.
Pada buku ini teknologi blockchain diimplementasikan dengan game engine Unity 3D menggunakan platform Etherium. Diawali dengan pembahasan tentang Unity 3D, Blockchain dan platform Etherium, merencanakan skenario game, mendesain user interface dan membangun aset, hingga tutorial membangun sistem transaksi dengan platform Etherium. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, dan dapat digunakan sebagai referensi dalam membangun sistem transaksi terutama untuk game multiplayer.

Item Type: Book
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Yunifa Miftachul Arif
Date Deposited: 25 Nov 2020 09:58

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item