Waralaba religius : komodifikasi majelis shalawat dalam komunitas muslim kelas-menengah di Probolinggo

Muzakki, Akhmad and Anggrisia, Nur Fitria (2020) Waralaba religius : komodifikasi majelis shalawat dalam komunitas muslim kelas-menengah di Probolinggo. UIN Maliki Press, Malang. Editors : Fawaid, Achmad

[img] Text
7837.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan tradisi shalawatan yang berkembang di Probolinggo dan sekitarnya telah mengalami perubahan. Tradisi memang tidak semestinya ditempatkan dalam oposisi dengan modern. Tradisi memang bersifat kontekstual. Proses kontekstualisasi tradisi berlangsung melalui komodifikasi. Proses tersebut dibangun melalui dua media, yaitu media perekaman dan manggung. Selain itu, Gus Hafidz sebagai ‘artis’ membangun audiences dengan menyelenggarakan perhelatan akbar dan membangun jaringan Syubban Lovers Nusantara di berbagai daerah. Selanjutnya, proses komodifikasi ini membawa perubahan relasi yang dikenal sebagai religious franchise. Model ini diambil dari dunia bisnis. Kecocokan dengan konsep franchise tersebut terletak pada label Syubbanul Muslimin, produk shalawat, dan manajemen cara pentas. Semua itu dilakukan melalui stan darisasi praktik dan produk. Dengan demikian, secara sadar atau tidak, logika bisnis global tentang waralaba, ikut berdampak pada kontekstualisasi tradisi shawalat. Praktik inilah yang disebut sebagai waralaba keagaman.

Item Type: Book
Keywords: waralaba; shalawat; komunitas
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Akhmad Muzakki
Date Deposited: 09 Feb 2021 10:05

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item