Safitri, Wilda Yumna, Retnawati, Heri and Rofiki, Imam (2020) Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7 (2). pp. 195-209. ISSN 2356-2684 (Print), 2477-1503 (Online)
|
Text
7867.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Uji coba prototype dilakukan kepada 21 siswa kelas VIII MTs di Sidoarjo, Indonesia. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan, angket respons siswa untuk menilai kepraktisan, dan angket minat belajar siswa untuk menilai keefektifan film animasi. Penelitian ini menghasilkan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs terhadap pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan ilmu keislaman. Meskipun peningkatan minat belajar siswa masih tergolong rendah, namun secara keseluruhan film animasi yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika di MTs.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | aritmetika sosial; ekonomi syariah; film animasi; minat belajar matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Imam Rofiki |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 09:55 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |