Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs

Safitri, Wilda Yumna, Retnawati, Heri and Rofiki, Imam (2020) Pengembangan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7 (2). pp. 195-209. ISSN 2356-2684 (Print), 2477-1503 (Online)

[img]
Preview
Text
7867.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
Full text available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/v...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan, fase pembuatan prototype, dan fase penilaian. Uji coba prototype dilakukan kepada 21 siswa kelas VIII MTs di Sidoarjo, Indonesia. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan, angket respons siswa untuk menilai kepraktisan, dan angket minat belajar siswa untuk menilai keefektifan film animasi. Penelitian ini menghasilkan film animasi aritmetika sosial berbasis ekonomi syariah untuk meningkatkan minat belajar siswa MTs terhadap pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan ilmu keislaman. Meskipun peningkatan minat belajar siswa masih tergolong rendah, namun secara keseluruhan film animasi yang dikembangkan dinilai valid, praktis, dan efektif, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran matematika di MTs.

Item Type: Journal Article
Keywords: aritmetika sosial; ekonomi syariah; film animasi; minat belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Imam Rofiki
Date Deposited: 18 Feb 2021 09:55

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item