Pendekatan hermeneutika al-Qur’an

Wargadinata, Wildana (2004) Pendekatan hermeneutika al-Qur’an. Lingua, 1 (02). pp. 67-83. ISSN 2442-3823

[img]
Preview
Text
7905.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penerapan hermeneutika dalam studi Al-Qur’an adalah sebuah upaya untuk memberdayakan kembali kajian teks al-Qur’an yang selama ini mengalami proses stagnasi yang cukup signifikan. Proses ini lahir dari tradisi interpretasi menundukkan nalar dan realitas kepada teks. Atau dengan meminjam istilah P. Amin Abdullah yaitu sebuah cara mengurai teks dengan menjadikan teks sebagai subjek. Artinya, secanggih apapun nalar manusia dan serumit apapun realitas sosial harus senantiasa ditundukkan oleh teks. Model inilah yang menurut banyak ilmuan menciptakan suasana kejumudidan dalam tradisi keilmuan Islam. Tulisan ini menawarkan penerapan hermeneutik yang menjadikan teks sebagai objek. Dari hasil kajian penulis tentang penerapan hermeneutika dalam studi Islam dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hermeneutik dalam studi al-Qur’an merupakan alternatif zaman dalam memecahkan stagnasi tradisi keilmuan Islam sekaligus juga tantangan bagi ilmuan muslim agar usaha kontekstualisasi pemahaman al-Qur’an tidak terjebak kepada penciptaan makna yang terlepas dari jiwa teks itu sendiri.

Item Type: Journal Article
Keywords: pendekatan; hermeneutika; al-Qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Dr. Wildana Wargadinata, Lc., M.Ag
Date Deposited: 02 Mar 2021 14:53

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item