Model Pengembangan Manajemen Ma'had Al Jamiah Berwawasan Global dan Berbasis Ulul Albab

Muzakki, Akhmad ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9811-664X, Gufron, Gufron, Farizi, Salman, Putra, Hidayatullah Hana and Habibah, Elvin Nur (2021) Model Pengembangan Manajemen Ma'had Al Jamiah Berwawasan Global dan Berbasis Ulul Albab. UIN Maliki Press, Malang. ISBN 978-623-232-727-6 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
8018.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen ma`had yang baik dapat menumbuhkan kesadaran beragama mahasiswa, manajemen ma`had yang dimaksud bukanlah sebuah produk, tetapi adalah layanan yang maksimal. Menyelenggarakan manajemen ma`had yang bermuara pada pelayanan mutu yang baik yang diimplementasikan dalam pembelajaran akan melahirkan kader yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan realitas, kelebihan dan kekurangan, serta model pengembangan manajemen ideal di Ma`had Sunan Ampel al-Aly berwawasan global dan berbasis Ulul Albab. Penelitian ini termasuk katagori field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan analisis kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas manajemen MSAA hingga sekarang walaupun semua bagian dari unsur manajemen berjalan, akan tetapi masih ada kendala dan hambatan komunikasi pada koordinasi antara Pengasuh dan Murabbi/ah. Kelebihan Manajemen MSAA di antaranya adalah lingkungan sistem kerja terbentuk kuat, SDM Musyrif/ah yang mencukupi, Pengasuh memiliki basic pesantren yang kuat, dan loyalitas pengurus Ma’had yang tinggi. Sementara kekurangganya di antaranya adalah manajemen Ma’had tidak didukung organisasi tata kelola (Ortaker) yang memadai, postur organisasi yang besar menyebabkan pengawasan kurang maksimal, reward bagi Musyrif/ah sangat minim, kegiatan Ma’had yang padat terkesan memforsir Murabbi/ah dan Musyrif/ah, dan kurang intens koordinasi antara Pengasuh dan Murabbi/ah atau antara Kabid dan Divisi. Sedangkan pola manajemen ideal di MSAA adalah membagi tupoksi yang jelas antara Kabid Ta`lim dan Kabid Ubudiyah atau Pengasuh. Artinya, Pengasuh yang menjabat sebagai Pengasuh mabna, tidak lagi menjabat sebagai Kabid. Begitu pula sebaliknya, Pengasuh yang sudah menjabat sebagai Kabid, tidak lagi menjabat sebagai Pengasuh mabna.

Item Type: Book
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Mufid Mufid
Date Deposited: 30 Mar 2021 00:21

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item