Manajemen Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri Berbasis Integrasi Sains Dan Islam (Studi Multisitus Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Mulyono, Mulyono, Mujtahid, Mujtahid and Baharuddin, Baharuddin (2014) Manajemen Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri Berbasis Integrasi Sains Dan Islam (Studi Multisitus Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Research Report. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
25. MANAJEMEN KURIKULUM - INTEGRASI SAINS DAN ISLAM LP2M 2015.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang manajemen pengembangan kurikulum UIN berbasis integrasi sains dan Islam dengan mengambil lokasi penelitian di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan paradigma alamiah dengan metode penelitian kualitatif jenis studi situs. Peneliti sebagai instrumen utama,
dengan teknik pengumpul data melalui wawancara, observasi dan dokumen, data dianalisis dengan model interaktif dengan alur tahapan: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan rumusan masalah yang diajukan maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, model konseptual manajemen pengembangan kurikulum UIN berbasis integrasi sains dan Islam dapat ditemukan sebagai berikut: 1) Model konseptual manajemen pengembangan kurikulum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menerapkan model keilmuan yang disebut dengan istilah Paradigma Integrasi-Interkoneksi dengan mengambil metafora/lambang pada gambar Jaring Laba-laba Keilmuan. 2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengembangkan model keilmuan dengan istilah “Integrasi Sains dan Agama” dengan metafora Paradigma Pohon Ilmu. 3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengembangkan model keilmuan dengan istilah “Wahyu Memandu Ilmu” dengan metafora Roda.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education Management
Depositing User: Dr. H. Mulyono, MA.
Date Deposited: 06 Apr 2021 15:00

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item