Rahman, Izzul Afifir and Nasrulloh, Nasrulloh (2021) Pencegahan kekerasan rumah tangga melalui pendidikan keluarga dalam q.s. al-Tahrim 66: 6. Syntax Idea, 3 (1). pp. 130-142. ISSN 2684-883X
|
Text
8272.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives. Download (257kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pendidikan keluarga berdasarkan Q.S al-Tahrim, 66: 6 yang dapat menjadi pondasi dasar dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan keluarga sehingga diharapkan menjadi solusi atas tindakan kekerasan rumah tangga. Di samping itu metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dalam pengambilan data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai-nilai pendidikan keluarga merupakan solusi terbaik untuk mencegah terjadinya konflik kekerasan dalam rumah tangga. Sebaliknya, jauhnya nilai-nilai pendidikan keluarga justru dapat menciptakan konflik sosialdi dalam hubungan keluarga. Dengan demikian pengetahuan tentang pendidikan keluarga yang berkualitas memiliki peran penting yang dapat mempengaruhi kehidupan keluarga dikarenakan pendidikan keluarga dapat menciptakan generasi berintelektual tinggi dan berakhlak baik yang bermanfaat bagi keluarga maupun masyarakat. Faktor penting untuk mendorong pendidikan keluarga berjalan baik adalah tanggung jawab sosial terhadap peran masing-masing anggota. Melalui al-Qur’an dorongan pendidikan keluarga menjadi semangat motivasi tersendiri dalam menerapkan pendidikan keluarga sehingga menjadi kunci pengetahuan yang menjadi solusi ideal terhadap konflik kekerasan dalam rumah tangga.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | al-Qur’an; keluarga; pendidikan |
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society |
Divisions: | Faculty of Sharia and Law > Department of Al-Quran and Tafseer studies |
Depositing User: | Nasrulloh Nasrulloh |
Date Deposited: | 07 May 2021 07:31 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |