Pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dalam perspektif studi multikultural di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Jawa Timur

Syuhadak, Syuhadak and Hilmi, Danial ORCID: https://orcid.org/0000-0002-1336-0190 (2020) Pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dalam perspektif studi multikultural di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Jawa Timur. Research Report. LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (Unpublished)

[img] Text
8300.pdf

Download (7MB)

Abstract

Amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agama No. 2 Tahun 2008 menuntut penyelenggaraan pendidikan bahasa Arab yang mengakui keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, PTKIN sebagai agent of change perlu memberikan nuansa yang menghargai kultur yang ada di masyarakat Indonesia. PTKIN di Jawa Timur memiliki magnet tersendiri untuk seluruh mahasiswa dari berbagai penjuru tanah air bahkan mancanegara, sehingga proses pembelajaran secara nyata memperhatikan perbedaan suku dan ras untuk dapatnya diselenggarakan tanpa adanya perbedaan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini penting untuk dilaksanakan dengan memperhatikan sisi multikultural yang mencerminkan ragam kultur yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model, implementasi dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab ditinjau dalam perspektif studi multikultural di PTKIN Jawa Timur. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis studi multisitus yang membandingkan pelaksanaan pembelajaran di beberapa PTKIN. Sementara itu, data yang diambil berupa keterangan pengelola lembaga bahasa Arab serta dokumen kegiatan pembelajaran dan pengamatan pembelajaran bahasa Arab. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa 1) model yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di PTKIN Jawa Timur yaitu menyelenggarakan pembelajaran secara intensif dengan dikelompokkan sesuai kemampuan, namun terdapat perbedaan bobot SKS dan pengembangan buku ajar yang mencerminkan sisisisi multikultural berbasis kebijakan nasional dan kearifan lokal, 2) implementasi pembelajaran bahasa Arab di PTKIN Jawa Timur dilaksanakan secara serempak untuk semua mahasiswa baru dengan tetap mengadakan beberapa kegiatan penunjang ketercapaian target pembelajaran yang tetap memperhatikan multikulturalisme dalam setiap tahapan pembelajaran, dan 3) evaluasi pembelajaran bahasa Arab di PTKIN Jawa Timur dengan diwajibkannya mendapatkan skor minimal sebagai prasyarat mengikuti sidang ujian akhir. Adapun temuan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bahasa Arab multikultural di PTKIN mutlak dilaksanakan disamping karena belajar bahasa Arab berhak untuk semua, namun juga tuntutan menjadi lulusan yang menguasai bahasa Arab juga harus didorong semangat saling membangun kebersamaan antar semua suku, etnis dan ras yang ada di negeri ini.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: pembelajaran Bahasa Arab; studi multikultural
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Danial Hilmi
Date Deposited: 10 May 2021 16:52

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item