Kecerdasan emosi sebagai faktor penting keberhasilan siswa belajar di sekolah

Hidayah, Rifa ORCID: https://orcid.org/0000-0001-5764-9669 (2013) Kecerdasan emosi sebagai faktor penting keberhasilan siswa belajar di sekolah. Egalita: Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender, 8 (1). pp. 14-21. ISSN 1907-3641

[img]
Preview
Text
8321.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pendidikan di sekolah merupakan tanggung jawab bersama, guru-peserta didik dan juga orang tua. Keberhasilan tidak hanya tergantung pada kecerdasan intelektual siswa saja, tetapi juga kecerdasan yang lain yang sifatnya multiple. Salah satu hal yang penting adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi bisa diajarkan kepada siswa di sepanjang kehidupan di sekolah. Di sekolah, guru sebagai model siswa dapat melakukan penanaman karakter positif melalui mata pelajaran yang sesuai dengan pengembangan kecerdasan emosi anak. Guru sebagai orang tua siswa di sekolah dalam kontek pengembangan kecerdasan emsosi yang meendidik siswa dengan penuh kasih sayang dan kehangatan akan membantu meningkatkan kecerdasan emosi siswa, misalnya mengajarkan anak untuk berempati, trampil secara sosial, melatih pengendalian diri siswa.

Item Type: Journal Article
Keywords: kecerdasan emosi; siswa
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Rifa Hidayah
Date Deposited: 03 Jun 2021 01:15

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item