000251175 (2021) Resiliensi pendampingan orangtua pada kegiatan belajar anak berbasis online di masa pandemi Covid-19. EC00202124874.
|
Text
8362.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memaparkan tingkat, gambaran, dan faktor yang mempengaruhi resiliensi pada Orangtua yang mendampingi anak belajar online di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan yaitu metode induktif, diawali dengan mengumpulkan data kemudian memformulasikan data dalam sebuah pola dan menyimpulkannya. Hasil penelitian menunjukkan tingkat resiliensi orangtua dalam mendampingi anak belajar online dalam kategori tinggi. Kedua, gambaran resiliensi orangtua ditunjukkan dengan aspek regulasi emosi, pengendalian impuls, sikap optimis, empati, kemampuan analisis masalah, dan peningkatan aspek positif. Ketiga, faktor resiliensi yakni individu, keluarga, dan komunitas serta Guru.
Item Type: | Hak Cipta |
---|---|
Keywords: | resiliensi; orangtua; belajar online; masa pandemi |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Novia Solichah |
Date Deposited: | 31 May 2021 08:03 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |