Shofiah, Nurul (2018) Pertimbangan pemilihan teks bacaan dalam pengajaran dan pembelajaran membaca. Presented at SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 2017, Universitas Muhamadiyah Malang.
Text
8388.pdf - Published Version Download (468kB) |
Abstract
Pemilihan teks bacaan yang disesuaikan dengan pembaca sangatlah diperlukan. Pemilihan teks bacaan yang sesuai akan menentukan proses pemahaman informasi dalam teks bacaan. Dalam kegiatan membaca di kelas, guru perlu melakukan pemilihan teks yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Pemilihan teks yang tepat dan sesuai juga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Apabila teks sesuai dan tepat,siswa akan memandang kegiatan membaca adalah hal yang menyenangkan. Artikel ini membahas terkait bagaimana memilih teks yang sesuai untuk siswa. Hal tersebut didukung dengan penjelasan terkait faktor-faktor memilih teks berdasarkan pembaca dan juga isi teks. Pemilihan teks yang berhubungan dengan siswa yakni skemata: prior dan background knowledge, world knowledge, perkembangan kognitif dan minat. Faktor-faktor lain yakniterkait dengan teks dan pembaca: konten, relevansi, dan kosakata
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Keywords: | pemilihan teks; teks; guru; siswa |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Nurul Shofiah |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 11:42 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |