Pertimbangan pemilihan teks bacaan dalam pengajaran dan pembelajaran membaca

Shofiah, Nurul (2018) Pertimbangan pemilihan teks bacaan dalam pengajaran dan pembelajaran membaca. Presented at SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa dan Sastra), 2017, Universitas Muhamadiyah Malang.

[img] Text
8388.pdf - Published Version

Download (468kB)
Full text available at: http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASBA...

Abstract

Pemilihan teks bacaan yang disesuaikan dengan pembaca sangatlah diperlukan. Pemilihan teks bacaan yang sesuai akan menentukan proses pemahaman informasi dalam teks bacaan. Dalam kegiatan membaca di kelas, guru perlu melakukan pemilihan teks yang disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Pemilihan teks yang tepat dan sesuai juga bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Apabila teks sesuai dan tepat,siswa akan memandang kegiatan membaca adalah hal yang menyenangkan. Artikel ini membahas terkait bagaimana memilih teks yang sesuai untuk siswa. Hal tersebut didukung dengan penjelasan terkait faktor-faktor memilih teks berdasarkan pembaca dan juga isi teks. Pemilihan teks yang berhubungan dengan siswa yakni skemata: prior dan background knowledge, world knowledge, perkembangan kognitif dan minat. Faktor-faktor lain yakniterkait dengan teks dan pembaca: konten, relevansi, dan kosakata

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: pemilihan teks; teks; guru; siswa
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Nurul Shofiah
Date Deposited: 02 Jun 2021 11:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item