Wahyudi, Asis (2021) Tantangan para guru di daerah pelosok di masa pandemi Covid-19. In: Potret pendidikan dan guru di masa pandemi covid-19. Edu Publisher, Tasikmalaya, Jawa Barat, pp. 39-47. ISBN 978-623-7640-98-1 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
8469.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Pandemi Covid-19 telah menciptakan perubahan sistem pengajaran di berbagai wilayah Indonesia. Berbeda dengan para guru di daerah maju dan wilayah perkotaan, para guru di daerah pelosok memiliki tantangan tersendiri dalam mengajar siswa-siswanya. Daerah pelosok yang dicitrakan dengan kontur wilayah pegunungan, tepian pesisir pantai, dan daerah hutan memiliki kondisi fisik yang berat dan akses teknologi yang terbatas. Ketika pandemi terjadi, pemerintah menghimbau pengajaran dilaksanakan secara daring dimana siswa berada di rumah ketika pengajaran tersebut dilaksanakan. Bagi daerah pelosok yang tidak memiliki akses jaringan internet, kegiatan pembelajaran dengan sistem daring tidak bisa berjalan dengan baik. Untuk itu para guru di daerah pelosok melaksanaknan kegiatan pembelajaran dengan berbagai cara, mulai mendatangi rumah para siswa nya satu persatu dengan berjalan kaki di daerah pegunungan dan perkebunan, menggunakan stasiun radio untuk mengajar siswa siswanya, sampai dengan menjadikan rumahnya sebagai tempat belajar bagi para siswa yang berada di satu lokasi terdekat.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Keywords: | tantangan; guru; pembelajaran; pelosok; Covid-19 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Faculty of Humanities > Department of English Language and Letters |
Depositing User: | Asis Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 13:13 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |