Faisol, Faisol (2020) Optimalisasi pembelajaran al-Qur’an terhadap anak usia dini. Presented at KNPI, 15 Desember 2020, Malang. (Unpublished)
|
Text
8481.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (362kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pada anak usia dini menjadi landasan awal tercetaknya karakter dan pengetahuan anak di masa yang akan datang, khususnya pada pengetahuan agama. Minimnya pengetahuan agama yang diperoleh, lingkungan, keluarga, dan pendidik menjadi faktor yang mempengaruhi berkembangnya karakter anak. Dalam penelitian ini, terdapat dua fokus permasalahan, yaitu usaha-usaha yang dilakukan untuk mengoptimalisasi, dan hasil perkembangan dari usaha mengoptimalisasi pembelajaran al-Qur’an terhadap anak usia dini di Musholla Baitul Muttaqin desa Karang Widoro Kec. Dau Kab. Malang. Penelitian studi kasus ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Diselenggarakannya kegiatan belajar membaca al-Qur’an secara rutin dari tahap yang paling dasar baik cara membaca maupun menulis menjadikan usaha untuk mengoptimalisasikan pembelajaran al-Qur’an terhadap anak usia dini. Pengkaderan beberapa remaja dari masyarakat sekitar agar bisa membantu mengoptimalkan pembelajaran al-Qur’an terhadap anak usia dini juga menjadi faktor penting untuk berkembangnya pada tahap selanjutnya. Dengan demikian, perkembangan anak usia dini dalam pembelajaran al-Qur’an akan semakin optimal dan meningkat, sehingga terciptanya dorongan dari lingkungan dan keluarga untuk menghasilkan pembelajaran yang lebih optimal.
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Keywords: | Optimalisasi, pembelajaran al-Qur’an, anak usia dini |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Early Childhood Education |
Depositing User: | Faisol Faisol |
Date Deposited: | 15 Jun 2021 21:46 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |