Solichah, Novia and Shofiah, Nurul (2021) Mengapa ketahanan orangtua diperlukan? studi fenomenologi tingkat resiliensi orangtua dalam mendampingi anak belajar dari rumah. Psikoislamika, 18 (1). pp. 201-217. ISSN 1829-5703
|
Text
8522.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (432kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memaparkan tingkat, gambaran, dan faktor yang mempengaruhi resiliensi pada Orangtua yang mendampingi anak belajar online di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Unit analisis dari penelitian ini adalah Orangtua yang mendampingi anak belajar online di masa pandemi kurang lebih selama 6 bulan minimal, dari jenjang kelas Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu metode induktif, diawali dengan mengumpulkan data kemudian memformulasikan data dalam sebuah pola dan menyimpulkannya. Teknik penggalian data dengan wawancara semiterstruktur yang digunakan depth interview. Analisis tematik yang digunakan adalah data driven, pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini ada berdasarkan data. Hasil penelitian menunjukkan tingkat resiliensi orangtua dalam mendampingi anak belajar online dalam kategori tinggi. Kedua, gambaran resiliensi orangtua ditunjukkan dengan aspek regulasi emosi, pengendalian impuls, sikap optimis, empati, kemampuan analisis masalah, dan peningkatan aspek positif. Ketiga, faktor yang mempengaruhi resiliensi yakni individu, keluarga, dan komunitas serta Guru.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | resiliensi; pendampingan orangtua; kegiatan belajar online |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Novia Solichah |
Date Deposited: | 17 Jun 2021 09:47 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |