Pengembangan pembangkit listrik tenaga air skala piko menggunakan kincir tipe rantai dengan sudu tabung untuk mendukung pemenuhan listrik berkelanjutan

Suhartono, Suhartono (2015) Pengembangan pembangkit listrik tenaga air skala piko menggunakan kincir tipe rantai dengan sudu tabung untuk mendukung pemenuhan listrik berkelanjutan. Research Report. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, Jawa Timur, Indonesia.

[img]
Preview
Text
laporan akhir sobat bumi suhartono.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sejalan dengan perkembangan sosial, budaya , ekonomi dan teknologi, maka listrik telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi masyarakat, meskipun bagi masyarakat terpencil khususnya masyarakat perdesaan. Terbatasnya kemampuan PLN dalam menyediakan energi listrik kepada masyarakat Indonesia, berdasarkan data Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi (DJLPE) pencapaian rasio elektrifikasi baru mencapai 64% dan rasio desa berlistrik mencapai 88 % dari total sekitar 66.000 desa pada tahun 1288. Pemerintah melalui Dewan Energi Nasional (DEN), membuat kebijaksanaan yaitu mengembangkan pembangkit listrik non fosil, salah satu adalah pemenuhan tenaga listrik menggunakan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Di beberapa lokasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro beroperasi, umumnya mempunyai desain yang sederhana, daya tidak sesuai dengan energi yang tersedia, serta efisiensi rendah. Disamping itu kurangnya pengetahuan pengoperasian serta perawatan mesin, maka banyak ditemukan pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang rusak atau tidak beroperasi, apabila musim kemarau pembangkit listrik tenaga mikrohidro juga tidak bisa digunakan karena sungainya kering. Untuk mengatasi kendala tersebut maka penelitian ini adalah mengembangkan desain pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) baru, dari PLTMH menggunakan aliran sungai menjadi PLTMH tidak menggunakan aliran sungai, yang peneliti sebut sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air Menggunakan Kincir Air Tipe Rantai Sudu Tabung. Prinsip kerja adalah memanfaatkan pompa untuk sirkulasi air pada dua tempat penampungan air dengan beda ketinggian dan menggunakan turbin kincir rantai dengan sudu tabung yang terisi air untuk mendapatkan energi potensial dan energi kinetik, desain turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air Menggunakan Kincir Air Tipe Rantai Sudu Tabung dilengkapi dengan gear box untuk meningkatkan putaran dan dilengkapi dengan free fly wheel untuk menambah torsi pada putaran, sehingga dapat menyesuaikan dengan putaran dan torsi pada generator listrik yang akan dibangkitkan.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 09 ENGINEERING > 0906 Electrical and Electronic Engineering > 090607 Power and Energy Systems Engineering (excl. Renewable Power)
Divisions: Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Dr Suhartono M.Kom
Date Deposited: 02 Nov 2016 10:20

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item