Pengembangan kompetensi guru sekolah luar biasa dalam asesmen potensi dan komunikasi kedukaan di SLB Putra Jaya Lowokwaru Malang

Nuqul, Fathul Lubabin, Sholichatun, Yulia, Ningrum, Ardana Reswari Miranda and Hayati, Nur (2020) Pengembangan kompetensi guru sekolah luar biasa dalam asesmen potensi dan komunikasi kedukaan di SLB Putra Jaya Lowokwaru Malang. Journal of Research on Community Engagement (JRCE), 2 (1). pp. 7-13. ISSN 2614-1477 (p.); 2597-629X (e.)

[img]
Preview
Text
8638.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (138kB) | Preview
Full text available at: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jrce/ar...

Abstract

Negara memberikan perhatian yang lebih pada anak-anak berkebutuhan khsuus. Lewat Permendiknas RI no 70 th 2009 peserta didik yang memiliki memiliki kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan/atau memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa perlu mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan hak asasinya. Peraturan ini merespon terus meningkatnya jumlah ABK di negeri ini. Menegemen sekolahpun terus dibenani dalam kaitannya memberikan pelayanan yang baik dalam pengajaran ABK. Namun disisi lain stigma masyarakat tentang ABK membuat proses belajar mengajar untuk ABK kurang maksimal. Masyarakat khususnya orang tua belum memahami bahwa ABK juga mempunyai keunggulan yang bisa dikedepankan. Guru, di sisi lain, mempunyai peran sentral dalam melihat potensi dan mengkomunikasikan pada keluarga ABK. Untuk itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan bagi guru untuk melakukan asesmen dan komunikasi pada ABK. Kegiatan ini dilaksanakan di SLB Putra Jaya Lowokwaru Malang. Hasilnya menunjukkan bahwa asesmen tentang ketunaan dan potensi berbasis multiple inteligent sangat dibutuhkan. Selain itu guru juga memerlukan kemampuan komunikasi kedukaan. Kegiatan ini telah memberikan pengetahuan pada guru tentang hal-hal yang dibutuhkan. Dari kegiatan ini juga dibutuhkan pelatihan dan praktek yang lebih inten lagi.

Item Type: Journal Article
Keywords: children with special needs; grief communication; multiple intelligence; assessment
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology
Depositing User: Dr Fathul Lubabin Nuqul
Date Deposited: 21 Jun 2021 12:10

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item