Ahmad, Mujahidin, Minarno, Eko Budi and Suyono, Suyono (2020) Kunci tadabbbur dan integrasi Al-Qur'an dalam pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2 (2). pp. 101-114. ISSN 2715-7490
|
Text
8648.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | al-qur’an; dogma empiris; model integrasi; inspirasi; konfirmasi |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology |
Depositing User: | Mr. Mujahidin Ahmad |
Date Deposited: | 21 Jun 2021 11:39 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |