Kunci tadabbbur dan integrasi Al-Qur'an dalam pembelajaran Biologi

Ahmad, Mujahidin and Minarno, Eko Budi and Suyono, Suyono (2020) Kunci tadabbbur dan integrasi Al-Qur'an dalam pembelajaran Biologi. Bioeduca: Journal of Biology Education, 2 (2). pp. 101-114. ISSN 2715-7490

[img]
Preview
Text
8648.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview
Full text available at: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA...

Abstract

Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.

Item Type: Journal Article
Keywords: al-qur’an; dogma empiris; model integrasi; inspirasi; konfirmasi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Biology
Depositing User: Mr. Mujahidin Ahmad
Date Deposited: 21 Jun 2021 11:39

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item