Analisis Tekstur Citra Darah untuk Deteksi Penyakit Demam Berdarah

Mulyono, Agus and Hananto, Farid Syamsu and Holil, Kholifah (2011) Analisis Tekstur Citra Darah untuk Deteksi Penyakit Demam Berdarah. Research Report. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Penelitian Kompetitif 2011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyakit demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit ini sering tidak menunjukan gejala (asimptomatik) sehingga sulit untuk dibedakan dengan penyakit lain. Untuk itu perlu dicari dan diteliti metode yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah analisis tekstur citra darah dapat digunakan sebagai metode untuk mendeteksi penyakit demam berdarah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah preparat sampel darah dari penderita demam berdarah dan ari darah normal. Untuk mendapatkan citra darah, sampel preparat diamati dengan menggunakan mikroskop computer dan selanjutnya analisis citra dianalisis dengan menggunakan Laptop Compaq Presario V3000 dengan software MATLAB 7.1. Selanjutnya dari data yang didapat tersebut dilakukan analisis diskriminan dengan bantuan SPSS. Analisis tersebut meliputi mean, skew, IDM, ASM, Con.

Hasil penelitian didapatkan ekstraksi ciri orde pertama dan orde kedua pada sampel citra darah yang diamati. Berdasarkan analisis yang meliputi mean, skew, IDM, ASM, dan Con analisis tekstur citra darah yang dilakukan menunjukkan score > 2.665 dan score < 2.665 artinya teknik ini memiliki ketepatan klasifikasi 100%, ini menunjukan ketepatan yang sempurna. Sehingga berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa analisis tekstur citra darah dapat digunakan sebagai metode untuk mendeteksi penyakit demam berdarah.

Item Type: Research (Research Report)
Keywords: Analisis; Tekstur; Citra Darah; Deteksi; Penyakit Demam Berdarah
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029903 Medical Physics
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Physics
Depositing User: Agus Mulyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:26

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item