Analisis fisis komposit biofilter berbahan serbuk tembakau untuk menangkap radikal bebas asap rokok: Usaha meningkatkan kualitas asap rokok

Mulyono, Agus (2015) Analisis fisis komposit biofilter berbahan serbuk tembakau untuk menangkap radikal bebas asap rokok: Usaha meningkatkan kualitas asap rokok. Presented at Simposium Fisika Nasional XXVII, 16-17 Oktober 2014, Universitas Udayana Bali. (In Press)

[img]
Preview
Text
Prosiding SFN 2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stigma negatif selalu melekat pada produk rokok dan dunia keseshatan telah memvonis rokok sebagai penyebab munculnya sejumlah penyakit. Stigma tersebut tidak selamanya benar. Radikal Bebas dari asap rokok merupakan bagian berbahaya yang perlu dicarikan cara untuk menangkalnya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat membran Biofilter Komposit Cangkang Kepiting dan Tembakau untuk menangkal/ menangkap radikal bebas asap rokok. Membran biofilter ini dibuat dengan bahan cangkang kepiting ditambah dengan polietilen glikol dan atau putih telur sebagai penguat dan ditambah juga serbuk tyembakau sebagai filter. Membran biofilter kemudian dilihat karakter fisisnya yaitu diuji kerapatan dan porositasnya menggunakan SEM. Selanjutnya membran biofilter digunakan untuk menyaring asap rokok. Asap rokok yang melewati biofilter kemudian dianalisis kandungan radikal bebasnya dengan menggunakan ESR. Membran komposit biofilter dibuat dengan variasi massa serbuk tembakau 0,2 gr - 0,5 gr. Hasil analisis dengan ESR menunjukkan bahwa membran komposit biofilter serbuk tembakau mampu menangkap radikal bebas pada asap rokok. Biofilter dengan komposisi 0,4 gr serbuk tembakau diketahui mampu menangkap 6 radikal bebas dari 7 radikal bebas pada asap rokok (Hidroperoxida, CO2, C, Peroxy, O2, CuOx, dan CuGeO3)

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: membran komposit; biofilter; asap rokok; cangkang kepiting; tembakau
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029903 Medical Physics
Divisions: Faculty of Mathematics and Sciences > Department of Physics
Depositing User: Agus Mulyono
Date Deposited: 06 Dec 2016 01:33

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item