Pembelajaran berbicara Bahasa Arab tentang anamnesis berbasis keterampilan Abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Toifah, Nur (2021) Pembelajaran berbicara Bahasa Arab tentang anamnesis berbasis keterampilan Abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13 (1). pp. 169-190. ISSN 2502-2482

[img]
Preview
Text
8828.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
Full text available at: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Arabia/a...

Abstract

Penelitian ini fokus pada pembelajaran berbicara bahasa Arab dengan praktek anamnesis berbasis keterampilan abad 21 di Prodi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berdasarkan hal tersebut, ia bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi role playing atau bermain peran sebagai seorang dokter dan seorang pasien. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya menggunakan teknik triangulasi, yaitu observasi, dokumentasi, dan literasi. Data yang sudah terkumpul ditelaah atau dianalisis, diklasifikasi, direduksi, kemudian dideskripsikan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya tiga tahapan dalam pembelajaran berbicara Arab tentang anamnesis, yaitu pertama: tahap pendahuluan, yang mencakup orientasi, apersepsi, motivasi, pemberian acuan, ke-dua: tahap inti pembelajaran (kegiatan inti), yang mencakup mengamati, mengeksplorasi yang mencakup 4 langkah klinik anamnesis, yaitu komunikasi sambung rasa, wawancara terstruktur, pemeriksaan fisik, dan rekam medis, selanjutnya mengasosiasi, mengkomunikasi, dan ke-tiga: tahap penutup, yang mencakup pengambilan kesimpulan, refleksi dan evaluasi, motivasi, serta penutupan pembelajaran. Selain itu, manfaat dari pembelajaran ini adalah meningkatkan motivasi belajar pesera didik, merubah tingkah laku, memberikan motivasi baru dan penyegaran, memberikan pelajaran yang bermakna, memperluas pengalaman dan wawasan, serta tercapainya tujuan pembelajaran berbicara bahasa Arab yang terintegrasi dengan bidang kedokteran.

Item Type: Journal Article
Keywords: Berbicara bahasa Arab, Anamnesis, Keterampilan Abad 21
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: Nur Toifah
Date Deposited: 28 Jun 2021 16:22

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item