Zuhroh, Ni’matuz (2018) Internalisasi nilai lifestyle dalam mewujudkan masyarakat madani: Studi fenomenologi gaya hidup Guru MTsN di Kota Malang pasca sertifikasi. JPIPS : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 4 (2). pp. 68-80. ISSN P-ISSN: 2355 - 8245 E-ISSN: 2614 - 5480
|
Text
8851.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (510kB) | Preview |
Abstract
Profesi Guru di Indonesia awalnya dianggap remeh karena hanya mendapatkan gaji yang rendah dan tidak standar jika dibandingkan dengan profesi-profesi lainnya seperti profesi pengacara, profesi dokter, maupun profesi akuntan. Sedangkan di Jepang menjadi guru adalah impian bagi semua kawula muda dikarenakan Profesi Guru sudah disetarakan dengan profesi yang lain sejak tahun 1886. Namun pada Era Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, melalui Undang-undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, nasib Guru diangkat setinggi-tingginya melalui Sertifikasi Guru. Aspek kebutuhan konsumsi dalam mencukupi kebutuhan hidupnya semenjak Guru mendapatkan tunjangan sertifikasi secara fenomena bahwa kondisi Guru lebih baik daripada kondisi sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian secara umum para guru tersertifikasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Malang mempunyai spirit yang cukup tinggi dalam mengemban tugas yang diwujudkan antara lain dalam bentuk tunjangan sertifikasi difungsikan untuk peningkatan kualitas diri dengan mengikuti pelatihan, workshop dan seminar serta membeli peralatan dan perlengkapan yang memadai untuk menunjang pengajaran.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Profesi, pengacara, dokter, akuntan, sertifikasi |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220310 Phenomenology |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education |
Depositing User: | Ni'matuzzuhroh Ni'matuzzuhroh |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 16:51 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |