Istiratijiyyatu Haqibati Al-Injazi Fi Ta'limi Al-Kitabati Lada Thalabati Al-Barnamiji Al-Mukatstsafi Li Ta'limi Al-Lughati Al-Arabiyyati Bi Jami'ati Maulana Malik Ibrahim AlIslamiyyati Al-Hukumiyyati Malang (Strategi Portofolio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Arifuddin, Nur., Husna, Asmaul.,Azzamzam, Moch Fahmi Syihab (2020) Istiratijiyyatu Haqibati Al-Injazi Fi Ta'limi Al-Kitabati Lada Thalabati Al-Barnamiji Al-Mukatstsafi Li Ta'limi Al-Lughati Al-Arabiyyati Bi Jami'ati Maulana Malik Ibrahim AlIslamiyyati Al-Hukumiyyati Malang (Strategi Portofolio Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa PKPBA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). 000227606.

[img]
Preview
Text
sertifikat_EC00202060898.pdf

Download (776kB) | Preview
Full text available at: https://e-hakcipta.dgip.go.id/index.php/c?code=NDI...

Abstract

Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang harus dilakukan siswa untuk meningkatkan kemahiran mereka dalam penguasaan bahasa. Ini adalah keterampilan bahasa terakhir dalam pembelajaran bahasa. Bahkan dalam bidang akademik, khususnya di tingkat Perguruan Tinggi, urgensi dari ketrampilan ini sangat besar dalam kegiatan belajar, yang mana kita ketahui bahwa pekerjaan mahasiswa membutuhkan kemampuan menulis, khususnya untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Di tingkat Perguruan Tinggi, pembelajaran keterampilan menulis dibagi menjadi tiga tahap: menulis terarah, menulis bebas, dan menulis akademis.

Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Strategi Portofolio dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?, 2) Apa Faktor Positif dan Negatif dalam Penggunaan Strategi Portofolio dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang?

Tujuan penelitian: 1) Mengungkap Strategi Portofolio dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2) Mengungkap Faktor-faktor Positif dan Negatif dalam Penggunaan Strategi Portofolio dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Para peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data di lapangan dilakukan melalui observasi partisipatif langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, memaparkan data, dan menyimpulkan data tersebut. Untuk memeriksa keabsahan data, para peneliti menggunakan metode Trianggulasi.

Hasil dari penelitian ini adalah; Pertama: Pengajar Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) telah melakukan evaluasi dengan menggunakan strategi portofolio dalam pembelajaran menulis untuk memperoleh informasi tentang hasil tugas siswa. Penerapan strategi ini oleh pengajar/dosen adalah dengan menghimpun semua pekerjaan mahasiswa selama proses pembelajaran, yang berisi hasil pekerjaan yang telah dicek oleh dosen dan diperbaiki oleh mahasiswa sesuai dengan catatan yang diberikan. Kedua: faktor positif dari strategi ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mengevaluasi diri sendiri selama proses menulis, dan mahasiswa dapat belajar dari kesalahan mereka dan mampu untuk meningkatkan kompetensi menulis mandiri. Adapun faktor negatifnya yaitu permasalahan dalam kegiatan pemeriksaan tulisan siswa yang terbagi menjadi tiga bagian; waktu yang kurang tepat, tulisan siswa kurang bisa dipahami, dan tugas tidak sesuai dengan instruksi dosen. Salah satu kendala yang juga dihadapi dosen dalam menentukan hasil adalah ketika tugas yang telah dikumpulkan mahasiswa ke dalam portofolio yang berisi folder kertas, sedangkan beberapa kertas tugas tidak dimasukkan ke dalam folder tersebut.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Strategi, Portofolio, Pembelajaran Keterampilan Menulis.
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Arabic Language Education
Depositing User: M.Pd. Nur Arifuddin
Date Deposited: 29 Jun 2021 12:06

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item