Analisis sentimen publik terhadap pembelajaran daring

Bashith, Abdul ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4678-3891 and Adji, Waluyo Satrio (2020) Analisis sentimen publik terhadap pembelajaran daring. Subulana (Journal of Islamic education studies), 3 (2). pp. 67-74. ISSN 2598-2842

[img]
Preview
Text
8949.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
Full text available at: http://journal.stitmu.ac.id/index.php/Subulana/art...

Abstract

Respon Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap Covid 19 adalah kebijakan belajar di dalam dan dari rumah. Sentimen dan respon emosional untuk belajar di rumah berbeda-beda dan terlihat dari media sosial khususnya Twitter.Mengetahui sentimen publik dan emosi pengguna Twitter Mengenai kebijakan home study yang menjadi tujuan penelitian ini.Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini.Pengumpulan data dari Twitter dalam penelitian ini menggunakan sistem big data bernama Drone Emprit Academic dengan memberikan kata kunci #Belajardirumah; Belajar dari rumah. Batas untuk satu bulan adalah dari 1 April hingga 29 April 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume percakapan dapat 88.389 adalah total mention twitter tentang belajar di rumah. Analisis sentimen menunjukkan 41k atau 46% pernyataan sentimen negatif, sedangkan sentimen positif 44.2k atau 50%, dan 3.2k atau 4% menyatakan netral.

Item Type: Journal Article
Keywords: sentimen masyarakat; belajar di rumah; pandemi; covid
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Social Science Education
Depositing User: Bashith Abdul
Date Deposited: 30 Jun 2021 09:42

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item