Koyimah, Rosita Nur and Yuliandari, Ria Norfika (2020) Kemampuan representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Presented at International Conference on Islamic Education 2020, 12 Nov 2020, Malang.
|
Text
9002.pdf - Published Version Download (362kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan representasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan suatu ide atau gagasan matematika baik berupa gambar, simbol, ataupun tulisan yang digunakan untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan representasi matematika siswa kelas IV dalam penyelesaian soal cerita materi bangun datar di SD Negeri 2 Plampangrejo. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Soal tes diujikan kepada 3 siswa dengan masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) representasi yang sering digunakan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yaitu representasi simbolik, sedangkan representasi yang jarang digunakan yaitu representasi verbal, (2) siswa berkemampuan tinggi dan sedang cenderung menggunakan representasi visual dan simbolik, (3) siswa berkemampuan rendah cenderung menggunakan representasi simbolik.
Item Type: | Conference (Paper) |
---|---|
Keywords: | representasi matematika; soal cerita; bangun datar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | Ria norfika Yuliandari |
Date Deposited: | 04 Jul 2021 03:09 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |