Kemampuan representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita

Koyimah, Rosita Nur and Yuliandari, Ria Norfika (2020) Kemampuan representasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Presented at International Conference on Islamic Education 2020, 12 Nov 2020, Malang.

[img]
Preview
Text
9002.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematika merupakan kemampuan siswa dalam menyatakan suatu ide atau gagasan matematika baik berupa gambar, simbol, ataupun tulisan yang digunakan untuk mencari solusi dari suatu masalah yang dihadapinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan representasi matematika siswa kelas IV dalam penyelesaian soal cerita materi bangun datar di SD Negeri 2 Plampangrejo. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen soal tes, wawancara dan dokumentasi. Soal tes diujikan kepada 3 siswa dengan masing-masing siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) representasi yang sering digunakan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yaitu representasi simbolik, sedangkan representasi yang jarang digunakan yaitu representasi verbal, (2) siswa berkemampuan tinggi dan sedang cenderung menggunakan representasi visual dan simbolik, (3) siswa berkemampuan rendah cenderung menggunakan representasi simbolik.

Item Type: Conference (Paper)
Keywords: representasi matematika; soal cerita; bangun datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Ria norfika Yuliandari
Date Deposited: 04 Jul 2021 03:09

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item