Aziz, Abdul, Ibrahim, Faisal Mahmoud Adam and Malichayati, Umi Zahroh (2021) Istirātijiyyah al-Ta’allum al-Iktisyāfī fī Ta’līm Mahārah al-Qirā’ah al-Iftirādlī Laday Thalabah al-Madrasah al-Tsānawiyyah al-Hukūmiyyah al-Ūla bi Madīnah Malang. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5 (1). pp. 16-34. ISSN 2721-5237 (Submitted)
|
Text
9059.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (995kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari keunikan siswa MAN 1 Kota Malang yang menggunakan cara belajar Maharah Qira’ah dengan model Discovery Learning dengan kemampuan belajar mandiri yang baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran strategi belajar, proses kegiatan belajar mengajar, dan kelebihan serta kekurangan yang ditimbulkan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap subyek penelitian kelas XI-MIPA 2 yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran online bukan menjadi kendala belajar, terbukti bahwa model pembelajaran Discovery Learning pun dapat terlaksana dengan baik dalam pembelajaran Maharah Qira’ah secara virtual. Adapun kelebihannya siswa tetap merasa semangat karena dapat dengan bebas mengeksplorasi kemampuan mereka, tidak hanya ketika Kegiatan Belajar Mengajar tetapi juga kreatifitas belajar mandiri dan berkarya. Kekurangannya terbatas waktu jam pelajaran virtual sehingga mempengaruhi kedalaman pemahaman siswa.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | strategi; discovery learning; maharah qira'ah; pembelajaran virtual |
Divisions: | Graduate Schools > Magister Programme > Graduate School of Arabic Language Education |
Depositing User: | Abdul Aziz |
Date Deposited: | 08 Jul 2021 13:28 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |