Desain Praktikum Fisika Berbasis Internet untuk Madrasah Aliyah dalam Rangka Adaptasi Pendidikan Era New Normal di Kota Malang

Hananto,Farid Samsu and Sasmitaninghidayah, Wiwis (2020) Desain Praktikum Fisika Berbasis Internet untuk Madrasah Aliyah dalam Rangka Adaptasi Pendidikan Era New Normal di Kota Malang. EC00202059351,.

[img]
Preview
Text
sertifikat_EC00202059351.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring merupakan pilihan yang diambil dalam mengantisipasi pandemi covid-19.
Sayangnya dengan pembelajaran daring ini praktikum sebagai salah satu pilar pembelajaran sering
ditiadakan karena tidak dapat dilaksanakan di luar laboratorium. Penelitian ini dilaksanakan untuk
mendampingi guru-guru dalam melaksanakan praktikum secara daring berbasis internet. Praktikum
dilaksanakan di laboratorium oleh guru tetapi disiarkan secara daring kepada siswa dirumah.
Dengan demikian praktikum tetap dapat dilakukan. Titik titik pengamatan disorot dengan kamera
sehingga siswa dapat mengamati data yang harus dicatat dalam LKS secara daring. Jika diperlukan
dapat menggunakan lebih dari satu kamera untuk menyorot titik-titik pengamatan data. Untuk
mengakomodasi beberapa kamera yang disiarakan secara langsung maka perlu software yang dapat
mengakomodasi keperluan itu. Salah satu software yang dapat digunakan adalah OBS. Dengan
melakukan streaming beberapa kamera secara bersamaan maka data yang harus diambil secara
simultan dapat diamati oleh siswa. Dengan cara seperti ini maka praktikum tetap dapat dilaksanakan
walaupun secara daring. Siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk melaksanakan praktikum tetapi
tetap mendapatkan data praktikum yang dilakukan oleh guru secara daring.

Item Type: Hak Cipta
Keywords: Praktikum, daring, pandemi, multistreaming, OBS Studio.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Depositing User: wiwis Sasmitaninghidayah
Date Deposited: 13 Sep 2021 14:40

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item