Sholichatun, Yulia (2014) Metode self-help berbasis psikologi positif sebagai disain pembelajaran matakuliah Penanganan Kasus Klinis. Research Report. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang. (Unpublished)
|
Text
9234.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
Salah satu komponen yang berpengaruh terhadap kualitas proses adalah kinerja dosen dalam mengelola perkuliahan termasuk dalam menyusun strategi pembelajaran. Matakuliah Penanganan Kasus Klinis merupakan matakuliah pilihan bagi mahasiswa semester 7 untuk dapat mengidentifikasi kasus klinis dan menyusun rencana intervensi untuk mengatasinya. Penelitian ini dilakukan untuk menelaah sejauhmana penyusunan disain self-help dalam matakuliah Penanganan Kasus Klinis ini dapat menghantarkan mahasiswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini adlaah kualitatif studi kasus, dengan unit analisis berupa kelas matakuliah Penanganan Kasus Klinis yang beranggotakan 38 mahasiswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dokumen tugas-tugas serta evaluasi perkuliahan. Tehnik analisa data yang dilakukan karena itu juga menggunakan analisis konten untuk melihat sejauhmana tujuan pembelajaran dapat dicapai. Hasil penelitian menunjukkan metode penyusunan self-help berbasis psikologi positif merupakan strategi pengajaran yang cukup mampu mengantarkan mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan dalam perkuliahan ini. Aspek implementatif cukup berhasil, ditunjukkan oleh kemampuan para mahasiswa dalam menuliskan perencanaan self-help untuk pengerjaan skripsi mereka
Item Type: | Research (Research Report) |
---|---|
Keywords: | Disain pembelajaran; metode self-help; psikologi positif |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology |
Depositing User: | Dr. Sholichatun Yulia, M.Si |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 15:04 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |