Manajemen pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Arab MTs Hadil Ishlah

Al-Gofari, Ziki and Fitriani, Laily (2021) Manajemen pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Arab MTs Hadil Ishlah. Lisanul Al-Arab: Journal of Arabic Language and Arabic Teaching, 10 (1). pp. 37-47. ISSN P- ISSN 2252-6269 E- ISSN 2721-4222

[img]
Preview
Text
9353.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB) | Preview
Full text available at: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/arti...

Abstract

Manajemen pelaksanaan mata pelajaran Bahasa Arab adalah usaha untuk mengarahkan, menggerakkan dan memotivasi anggota ataupun bawahannya dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan. dalam hal dalam hal ini kepala sekolah sebagai manajer di sekolah harus mampu mengarahkan, menggerakkan serta memotivasi guru bahasa Arab secara khusus dan umumnya staf atau guru-guru lain yang ada disekolah, selain itu juga guru sebagai pelaksana pembelajaran mata pelajaran bahasa arab juga harus mampu membuat pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan menarik dengan menggunakan metode dan teknik yang mudah dipahami oleh siswa serta dapat memanfaatkan fasilitas dan media yang ada dan tidak kalah pentingnya yaitu guru harus mampu menguasai materi bahan ajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen pelaksanaan di MTs. Hadil Ishlah, adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, hasil penelitian menjelaskan bahwa manajemen pelaksanaan mata pelajaran bahasa Arab di MTs. Hadil Ishlah meliputi tiga hal yaitu: 1) kepemimpinan, untuk tercapainya tujuan organisasi sekolah kepala sekolah sebagai manajer di sekolah selalu memberikan bimbingan, arahan, dan pengawasan, begitu juga dengan gaya kepemimpinan guru yang demokratis. 2) motivasi, selain kepala sekolah guru di sekolah juga selalu memberikan motivasi terhadap peserta didik baik itu berupa pujian, gaji, hadiah dll. 3) komunikasi, adapun komunikasi yang digunakan disekolah sangatlah baik sehingga terjalinnya kerjasama yang baik antara anggota organisasi sekolah.

Item Type: Journal Article
Keywords: Manajemen, Mata pelajaran Bahasa Arab, MTs
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Laily Fitriani
Date Deposited: 28 Sep 2021 10:31

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item