Ali, Nur (2021) Manajemen pendidikan tinggi Islam integratif. UIN Maliki Press, Malang. ISBN 973-623-232-749-8 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.
Text
9409.pdf - Published Version Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan tinggi islam (PTI) tidak dapat dipahami secara terbatas hanya mengenai kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh PTI. Karena keberhasilan PTI tidak cukup hanya diukur dari berapa jumlah lulusannya, masa tunggu mereka, karya akademiknya dan masuk pada kategori rangking berapa di level nasional dan internasional serta kesesuaiannya dengan standar yang ditentukan oleh epistema ekonomi, namun juga sejauhmana nilai-nilai keagamaan dapat tertanam dalam jiwa mereka dan nilai-nilai tersebut sudah nampak nyata dalam perilaku para civitas akademika dan lulusannya. Oleh sebab itu, kajian tentang konsep PTI tidak bisa dilepaskan dari kegiatan awal adanya pendidikan Islam itu sendiri.
Pada awalnya, PTI dimulai dari adanya kegiatan Pendidikan Islam (PI) yang orientasinya adalah kegiatan da’wah keagamaan, oleh karena itu kegiatan pendidikannya menyesuaikan dengan perkembangan kegiatan keagamaan dan masyarakat dimana ajaran agama tersebut diyakini, dijadikan pedoman dan dipraktikkan oleh pengikutnya (Rahman, 1982). Untuk itu penyelenggaraan kegiatan pendidikan Islam berlangsung secara informal di lingkungan masyarakat sebagai upaya untuk mentransformasikan ajara-ajaran agama Islam, nilai-nilainya, dan menanamkan dasar-dasar keimanan dan ibadah mereka. Karena kegiatan PI bersifat informal, maka proses penyelenggaraannya juga berlangsung di rumah-rumah, terutama di rumah para kyai dan guru agama dengan metode ceramah, cerita, dan sorogan. Oleh karena itu para kyai dan guru agama menjadi titik sentral dan role model sehingga kegiatan pengajaran agama islam terpusat kepada masing-masing individu bukan pada jenis lembaga pendidikannya. Dari usaha-usaha tersebut, kemudian menarik perhatian dan memotivasi masyarakat dari luar daerah itu untuk menimba ilmu pengetahuan dari para tokoh tersebut dan menjadi santri/muridnya. Karakteristik kegiatan PI masih tergantung pada kualitas dan keahlian masing-masing individu para guru agama.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Pendidikan tinggi Islam; Manajemen pendidikan tinggi Islam integratif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education |
Depositing User: | Mufid Mufid |
Date Deposited: | 10 Oct 2021 10:21 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |