Konstruksi teologis Dhamma TV Malang dalam bina harmoni antar umat beragama: Model percontohan media televisi berbasis ideologi keagamaan

Fannani, Bahruddin and Salis, Rohmatulloh and Rohmah, Siti (2016) Konstruksi teologis Dhamma TV Malang dalam bina harmoni antar umat beragama: Model percontohan media televisi berbasis ideologi keagamaan. Research Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
bakharuddinfannani-rpimulti-2016.pdf

Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konstruksi teologis penyiaran Dhamma TV dalam bina harmoni antar umat beragama di Malang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk dijadikan sebagai pijakan implementatif bagaimana model manjemen program acara Dhamma TV dalam membangun harmoni umat antar umat beragama di Malang. Metode yang digunakan dalam peneltian adalah.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah; Wawancara mendalam (depth interview), Observasi dan Dokumentasi.

Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa bina harmoni beragama dalam perspektif kaum Budhis merupakan satu bagian yang tidak bisa dipisahkan.Bina harmoni beragama merupakan ekspresi kebatinan yang terejawantah dalam prlaku Sidharta Gautama dalam mengajarkan tentang konsep teolgi Dhamma dan Teologi Metta. Bagi kaum Budhis sajian acara.Dhmma TV hadir di tengah tayangan televisi yang belakangan hanya mengumbar erotisme dan entertain centris, tanpa memperhatikan nilai-nilai agama dan budaya masyarakat Malang setempat yang sudah terpatronase dengan kultur keagamaanya. Padahal secara Das Sollen media televisi diciptakan karena mempunyai fungsi.Begitu pula dengan Dhamma TV.Eksistensinya mampu menjadi media edukasi keagamaan berbasis ajaran Buddhis dengan teologi metta dan Dhammanya.Selain itu, model penyiaran Dhamma TV dalam bina harmoni beragama adalah dengan menyajikan acara-acara antikekerasan, dan pers berbau anti kriminalitas. Karena dalam konstruksi teologis Dhamma TV, acara tersebut justru menjadi bahan bakar kekerasan atas nama agama yang sering terjadi di negeri yang sangat heterogen dan majemuk ini. Sebagai alternatifnya, Dhmma TV lebih banyak menyajikan acara-acara budaya yang di dalamnya terdapat varian nara sumber dari berbagai agama. Acara-acara budaya sangat efektif sebagai media perekat ummat antar beragama.Sebab budaya mempunyai dimensi lintas batas yang mampu menembus tembok primodialisme dalam beragama. Hal itu sebagaimana triangulasi yang kami lakukan di KPI kota Malang bahwa Image building Dhamma TV sebagai media harmoni antar umat beragama ditangkap masyarakat Malang tanpa kecurigaan teologis. Sebab pengakomodiran varian agama dalam Dhamma TV merupakan sebuah terobosan baru dalam mengelola media telivisi berbasis ideologi keagamaan.

Item Type: Research (Research Report)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Islamic Education
Depositing User: Miftahus Sholehudin
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:07

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item