Dampak positif dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran matematika di sekolah

Mardhiyatirrahmah, Liny, Muchlas, Muchlas and Marhayati, Marhayati (2020) Dampak positif dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan pendekatan STEM pada pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 78-88. ISSN 26564564

[img]
Preview
Text
9631.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (307kB) | Preview

Abstract

Science, technology, engineering, and mathematics(STEM) diterapkan di berbagai sekolah karena pembelajaran ini melibatkan banyak aspek dalam kegiatan belajar matematika. Keterlibatan berbagai aspek tersebut dinilai mampu membantu siswa dalam belajar. Kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika begitu kompleks sehingga guru membutuhkan solusi yang mampu menyelesaikan permasalahantersebut sesuai dengan kemajuan IPTEK saatini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan STEM pada pelajaran matematika di sekolahserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian dilakukan dengan metode studi literatur. Penelitian ini mengkaji berbagai artikel, jurnal, buku,dan sumber lain terkait penerapan pendekatan STEM pada matematika di sekolah. Hasil dari kajian literaturmenunjukkan bahwa pendekatan STEM memberikan dampak positif terhadap aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dampak positif pada aspek kognitif ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar matematikapengetahuan kosakata matematika. Dampak positif pada aspek afektif ditunjukkan dengan adanya peningkatan perilaku atau afektif matematisdan dampak positif pada aspek psikomotor ditandai dengan adanyapeningkatan kemampuan kreatifitas siswa. Meski begitu, ada beberapa faktor lainnya yang ikut mempengaruhiseperti kerja sama pemerintah daerah dengan sekolah, strategi yang tepat untuk mendukung populasi siswa yang begitu banyak, kebijakan negara, latar belakang ekonomi, suku bangsa, durasi waktu yang digunakan saat proses belajar mengajar, model pembelajaran, dan kebiasaan siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Journal Article
Keywords: STEM; Matematika; Dampak Positif; Faktor
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Faculty of Tarbiyah and Teaching Training > Department of Mathematics Education
Depositing User: Marhayati Marhayati Marhayati
Date Deposited: 24 Nov 2021 13:23

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item