Kajian isu-isu kebijakan pembiayaan pendidikan dan hubungannya dengan kualitas pendidikan

Marjuni, Marjuni ORCID: https://orcid.org/0000-0003-0811-2106 (2020) Kajian isu-isu kebijakan pembiayaan pendidikan dan hubungannya dengan kualitas pendidikan. In: Antologi Pengembangan Pembiayaan Pendidikan Islam. Semesta Aksara, Yogyakarta. ISBN 9786237108689 UNSPECIFIED : UNSPECIFIED.

[img] Text
9715.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Isu-isu yang relatif sering diperdebatkan dalam kajian pembiayaan pendidikan adalah menyangkut sumber pembiayaan pendidikan, manfaat pembiayaan pendidikan, dan efektifitas pembiyaan pendidikan. Pembiayaan pendidikan bersumber dari dua arah, yaitu, Pemerintah dan Masyarakat.
Pembiayaan pendidikan harus dimanajemen dengan baik, mulai dari analisis potensi dan kelemahan pembiayaa pendidikan, analisis keunggulan program pendidikan dan kelemahannya, analisis evaluasi manfaat pembiayaan pendidikan dalam membiayai program pendidikan. Serta tinjauan menyeluruh
atas tingkat efektifitas dan efisiensi pembiayaan pendidikan. Pembiayaan pendidikan harus bermanfaat sebesar-besarnya untuk pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Meskipun pembiayaan pendidikan bukan satu-satunya instrument untuk mencapai tujuan pendidikan, namun dengan pembiayaan pendidikan yang baik, mampu mendorong pencapaian
mutu pendidikan. Analisis keuntungan (manfaat) pembiayaan pendidikan,harus dilakukan, agar sebelum penganggaran pembiayaan pendidikan, sudah diketahui, target-terget penting, sasaran utama, dan check and balance antara
biaya dan mutu pendidikan yang dihasilkan.
Terdapat dua model dalam memastikan efektifitas biaya pendidikan dan keuntungan yang diperoleh dari pembiayaan pendidikan, yaitu: Cost Effectiveness Analysis dan Cost-Benefit Analysis. Analisis keefektifan biaya membandingkan dua atau lebih program pendidikan sesuai dengan keefektifannya dan biaya dalam mencapai tujuan tertentu. Sedangkan analisis manfaat biaya, berupa hasil dari suatu alternatif pendidikan secara langsung dinyatakan dalam istilah moneter. Menganggap bahwa manfaat moneter dapat sepenuhnya diukur, mereka dapat langsung dibandingkan dengan biaya moneter yang telah diinvestasikan.

Item Type: Book Section
Keywords: Cost-Benefit Analysis, Pembiayaan Pendidikan, Status Pendidikan, Analisis Manfaat-Biaya, Lembaga Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Graduate Schools > Doctoral Programme > Graduate School of Islamic Education Management
Depositing User: Marjuni Misri
Date Deposited: 27 Nov 2021 10:28

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item