Ansori, Yusuf, Fadila, Juniardi Nur ORCID: https://orcid.org/0000-0002-5965-9243 and Nugroho, Fresy ORCID: https://orcid.org/0000-0001-9448-316X (2021) Pembuatan game 2D susun terjemah kosa kata Bahasa Arab dengan memanfaatkan Library A* karya Aron Granberg. JIP: Jurnal Informatika Polinema, 7 (4). pp. 13-18. ISSN 2614-6371 E-ISSN: 2407-070X
|
Text
9779.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (376kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi memberikan banyak pengaruh di berbagai cabang. Salah satunya pada cabang game. Game merupakan salah satu bentuk kemajuan di bidang teknologi. Teknologi Game juga semakin berkembang dari masa ke masa dan semakin beragam maksud dan tujuan dalam pembuatannya. Dilihat dari sisi jenisnya, game dapat dibedakan game 3D dan 2D. Game 2D merupakan game dengan perspektif side-view, dimana pemain hanya dapat melihat karakter hanya dari satu sisi saja. Dari satu jenis game ini, dapat dibedakan menjadi banyak genre yang mempengaruhi karakter yang ada pada game. Pada umumnya setiap game akan terasa lebih menarik dan menantang jika terdapat non player character (NPC). Agar NPC dapat berperan sebagaimana karakter utama, maka diperlukan kecerdasan buatan. Salah satu kecerdasan buatan yang dapat digunakan adalah A* pathfinding. Dengan kecerdasan tersebut, NPC dapat mencari rute tercepat untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Pemaparan metode dan penjelasan pada penelitian disajikan secara detail dan sistematis agar mudah dipahami. Pada hasil diperlihatkan NPC yang mendekat ke karakter utama dan NPC akan menyerang karakter utama pada jarak tertentu sehingga karakter utama harus mengalahkan atau menghindari semua NPC dan menemukan setiap huruf yang tersembunyi di dalam game. Algoritma A Star (A*) terbukti dapat digunakan pada NPC di Game 2D Susun Terjemah Kosa Kata Bahasa Arab , NPC dapat mencari rute terbaik untuk medekat kepada karakter utama dan menyerang karena NPC berperan sebagai musuh dalam game.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Keywords: | Game 2D; pathfinding; platformer; susun kata; Unity2D |
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080305 Multimedia Programming |
Divisions: | Faculty of Technology > Department of Informatics Engineering |
Depositing User: | Fresy Nugroho |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 21:45 |
Downloads
Downloads per month over past year
Origin of downloads
Actions (login required)
View Item |