Efektivitas penggunaan media ular tangga pada materi kerajaan Islam, Hindu dan Budha berbasis soal HOTS terhadap hasil belajar siswa di SDN Ngaringan 03 Blitar

Nuzulia, Nuril ORCID: https://orcid.org/0000-0003-4780-3866 (2021) Efektivitas penggunaan media ular tangga pada materi kerajaan Islam, Hindu dan Budha berbasis soal HOTS terhadap hasil belajar siswa di SDN Ngaringan 03 Blitar. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 5 (1). pp. 17-23. ISSN 2579-5813

[img]
Preview
Text
9791.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya permainan ular tangga pada materi kerajaan Islam, Hindu, dan Budha berbasis soal HOTS yang belum diuji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat efektivitas penggunaan media ular tangga pada materi kerajaan Islam, Hindu, dan Budha terhadap hasil belajar siswa di SDN Ngaringan 03 Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 di SDN Ngaringan Blitar. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4 B sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan memberikan pretest dan posttest berupa tes objektif dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 25 butir soal yang diambil dari 40 soal yang telah diujicobakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain dan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik terjadi di kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 92,12 dan 73,96. Hal ini juga dibuktikan dengan rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,762 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,294 dengan kategori rendah, serta didukung oleh uji hipotesis yang dilakukan dengan uji-t dengan menggunakan Independent Samples Test dengan menunjukkan Sign 2 Tailed <0,05, Hal ini menandakan bahwasannya penggunaan media ular tangga efektif.

Item Type: Journal Article
Keywords: Efektivitas; Media Ular Tangga; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Faculty of Medical and Health Sciences > Department of Pharmacy
Depositing User: Nuril Nuzulia
Date Deposited: 30 Nov 2021 21:35

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item