Meneguhkan ideologi perguruan tinggi Islam dalam pusaran globalisasi: Penjaminan mutu menuju kualitas dan kekokohan ideologi Islam

Zuhdy, Halimi (2016) Meneguhkan ideologi perguruan tinggi Islam dalam pusaran globalisasi: Penjaminan mutu menuju kualitas dan kekokohan ideologi Islam. In: Penjaminan mutu di perguruan tinggi Islam: Konsep, insterpretasi, dan aksi. UIN-Maliki Press, Malang.

[img]
Preview
Text
987.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan perguruan tinggi di Indonesia dewasa ini mengalami persaingan yang semakin ketat. Hal ini disebabkan antara lain oleh dampak globalisasi, kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta jumlah perguruan tinggi yang semakin banyak . Globalisasi dalam berbagai aspeknya, memunculkan sisi positif dan negatif pada perkembangan perguruan tinggi, ketidakmapanan menjaga visi dan misi akan berdampak negatif pada warga kampus, namun sebaliknya jika sekolah tinggi mampu memperkokoh bahkan mengawal visi dan misi dengan baik akan menjadikan sekolah tinggi yang hebat dan berkarakter. Mampu bersaing dengan berbagai sekolah tinggi dalam dan luar negeri, tanpa meninggalkan ideologi yang dianutnya. Maka, Penjaminan mutu perguruan tinggi merupakan sebuah tuntutan untuk menjaga akuntabiltias dan kualitas perguruan tinggi.

Hadirnya penjaminan mutu perguruan tinggi untuk memaksimalkan daya saing perguruan tinggi melalui perbaikan yang terus menerus atas sarana dan prasarana, pendidik dan tenaga pendidikan, kompetensi lulusan, pengelolaan, pembiayaan, penilaian pendidikan dan proses pembelajaran. Menurut Mark Olssen dalam tulisan Eko Suprianto, munculnya penjaminan mutu setidaknya diidentifikasi tiga faktor yaitu: (1) perubahan tuntutan pada perguruan tinggi oleh semakin langkanya sumber pendanaan masyarakat yang di dalamnya muncul (2) keharusan adanya akuntabilitaspublik serta munculnya (3) persyaratan kualifikasi lulusan oleh pasaran kerja. Selain penjaminan mutu hadir untuk memperbaiki secara terus menerus, juga dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi; kualitas instrinsik perguruan tinggi, kurikulum program studi, kualifasi dosen, sistem informasi dan teknologi informasi dan teknologi informasi, dan keberlanjutan. Sedangkan faktor ekternal meliputi; globalisasi dan teknologi informasi, kebijakan pemerintah, faktor ekonomi dan industri, faktor tuntunan masyarakat, dan raplanning pengembangan mutu.

Item Type: Book Section
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150101 Accounting Theory and Standards
Divisions: Faculty of Humanities > Department of Arabic Language and Letters
Depositing User: Halimi Zuhdy Zuhdy
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:25

Downloads

Downloads per month over past year

Origin of downloads

Actions (login required)

View Item View Item